Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penanaman karakter disiplin siswa di SD Kartika XII-1 serta faktor pendukung dan penghambat dalam penanamannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa sedangkan sumber data sekunder berupa data-data yang memberikan informasi tentang penanaman karakter disiplin siswa di SD Kartika XII-1. Keabsahan data dilihat melalui triangulasi data yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis yang dikembangkan oleh  Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter disiplin siswa di SD Kartika XII-1 dilakukan melalui 1) Integrasi dalam pembelajaran yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, 2) kegiatan di luar pembelajaran yang dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler, 3) pembiasaan yang dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas, 4) keteladanan dari kepala sekolah dan guru. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman karakter disiplin siswa di sekolah dasar. Faktor pendukung dalam penanaman karakter disiplin yaitu adanya keinginan dalam diri guru untuk menjadikan siswanya memiliki kedisiplinan yang baik, SD Kartika XII-1 berada di lingkungan akademi militer juga menjadi pendukung dalam menanamkan karakter disiplin siswa. Sedangkan faktor penghambat dalam penanaman karakter disiplin siswa adalah karena kemampuan siswa yang berbeda-beda sehingga menjadi salah satu tantangan guru dalam menanamkannya

Keywords

Karakter Disiplin Siswa Pendidikan karakter

Article Details