Main Article Content

Abstract

Universitas Muhammadiyah Magelang (UMMagelang) merupakan sebuah perguruan tinggi swasta dibawah naungan organisasi muslim Muhammadiyah.  Berdasarkan pengamatan di lapangan, ditemukan banyak keluhan mahasiswa/mahasiswi perihal fasilitas kampus dan layanan akademik yang belum memenuhi ekspektasi dari mahasiswa/mahasiswi. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengolahan data kuisioner pendahuluan yang disebarkan kepada 30 responden yang menyatakan bahwa sebanyak 54,39% mahasiswa tidak puas dengan pelayanan yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi guna meningkatkan kualitas pelayanan fasilitas dan akademik di UMMagelang. Pendekatan Servqual digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang dirasakan oleh konsumen terhadap suatu kualitas layanan jasa dan metode yang digunakan untuk menentukan prioritas perbaikan adalah metode Quality Function Deployment (QFD) dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan House of Quality, diketahui bahwa ada 4 (empat) respon teknis yang perlu tindakan lebih lanjut yaitu menindaklanjuti masalah sesuai laporan yang diterima yang memililki nilai AW sebesar 134,11 dan nilai RW sebesar 300,81, mengarahkan sesuai aturan secara bertahap yang memiliki nilai RW sebesar 249,37 dan nilai AW 129,04, meningkatkan kebersihan/kerapihan kampus yang memiliki nilai RW sebsar 251,06 dan nilai AW sebesar 123,94, penambahan sarana/prasarana yang memiliki nilai AW sebesar 87,63 dan nilai RW sebesar 172,65. Dari keempat prioritas respon teknis tersebut diintegrasikan kuadran I dari diagram kartesius metode Importance Performance Analysis didapatkan rancangan peningkatan kualitas pelayanan yaitu meningkatkan akses internet dengan menambah kapasitas bandwith poin ini memiliki , memberikan pelatihan terhadap karyawan dan evaluasi kinerja secara berkala maupun rutin, menambah koleksi buku/jurnal yang terbaru, dan peningkatan sarana/prasarana di laboratorium serta perbaikan sarana untuk fasilitas wifi corner.

Keywords

House of Quality Importance Performance Analysis Servqual

Article Details

References

  1. Febriani & Fajri (2013). Pengaruh Motivasi Kewirausahaan terhadap Tingkat Partisipasi dalam Berwirausaha. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia. Online: http://repository.upi.-edu/2478/.
  2. Fransiscus, H., Hotna M. S. & Yane S. N. (2013). Perbaikan Mutu Pelayanan di Food Market dengan menggunakan Metode Modified Importance Performance Analysis. Universitas Katolik Parahyangan. Seminar Nasional IENACO. Online:https://lppm.unpar.ac.id/wp-content-/uploads/sites/10/2016/01/HF-Paper_Perbaikan_Mutu_Pelayanan_di_Food_Market.pdf
  3. Wahyuni & Noor (2014). Uji Validitas dan Reliabilitas. Online: http://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/uji-validitas-dan-uji-r-elibilitas/ diunggah pada tanggal Juli 2021.
  4. Ulwan, M. N. (2014). Sampel Acak Berstrata atau Stratified Random Sampling. Online: http://www.portal-statistik.com/2014/02/sampel-acak-berstrata-atau-stratified.html diakses 07 mei 2013.
  5. Fiqa, A. D. (2014). Analisis Quick Count Dengan Menggunakan Metode Stratified Random Sampling (Studi Kasus Pemilu Walikota Bandung 2013). Universitas Pendidikan Indonesia. Online: http://repository.upi.edu/15528/ diakses 07 juni 2014.
  6. Rakasiwi, L. (2015). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik dan Ketersediaan Sarana Akademik Biro Administrasi Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  7. Noer, R.L. (2016). Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Mahasiswa Magister Manajemen Teknologi Its Surabaya Dengan Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis (IPA). Journal of Research and Technologies, 1(1), 35-43.
  8. Cohen, L. 1995. Quality Function Deployment : How To Make QFD Work For You. Addison-Wesley Publishing Company. United States of America.