Main Article Content

Abstract

Kegiatan Program Kemitraan Universitas ini bertujuan untuk mewujudkan tata kelola keuangan dan akuntabilitas pelaporan  keuangan  BUMDes.  Tata  kelola  keuangan tersebut berupa manajemen pelaporan dan pencatatan laporan keuangan. Kegiatan ini penting karena tata kelola keuangan adalah salah satu prasyarat untuk mewujudkan tata kelola organisasi khususnya BUMDes yang baik pada level unit usaha. Mitra pengabdian ini adalah BUMDes desa Pagersari, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Pada kegiatan ini tim pengabdi akan mengoptimalkan fungsi kegunaan software MS.Excel untuk membuat sistem tata kelola pencatatan aktivitas, laporan, dan analisa keuangan ditambah dengan aplikasi Kuitansi Software Keuangan. Luaran utama berupa terimplementasikannya tata kelola keuangan menggunakan MS. Excel dan software aplikasi. Metode yang digunakan untuk mencapai luaran tersebut berupa penyuluhan, pelatihan, praktik dan pendampingan secara terstruktur. Harapannya, sistem yang telah terbentuk dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan tata kelola dan akuntabilitas keuangan BUMDes yang lebih baik. Sistem tersebut dapat menjadi rujukan untuk pengambilan keputusan-keputusan keuangan di masa depan dan sebagai alat kontrol yang efektif. Harapan jangka panjang apabila BUMDes Pagersari ini dapat mewujudkan tata  kelola keuangan yang lebih baik, maka unit usaha ini dapat secara optimal dalam menghasilkan keuntungan. Hal ini secara tidak langsung akan menggerakkan kegiatan perekonomian di Desa Pagersari, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang dalam upaya pemberdayaan potensi, masyarakat dan pengentasan kemiskinan. Metoda yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut yaitu melalui penyuluhan, pelatihan, pendampingan dan praktik.

Keywords

BUMDes Tata Kelola Akuntabel Laporan Keuangan

Article Details