Main Article Content
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi menulis artikel ilmiah melalui webinar pada guru di Papua Barat. Metode dampingan menggunakan Participatory Action Research (PAR). Peserta dampingan sebanyak 35 orang dari Kota dan Kabupaten Sorong. Digunakan empat tahapan dalam melakukan pendampingan yaitu, tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam menulis artikel ilmiah mengalami peningkatan. Pada kondisi awal, guru memiliki kompetensi kurang baik (59,7) dan berhasil ditingkatkan menjadi baik (72,6). Dari pelaksanaannya, kegiatan webinar direspons positif dan sangat dibutuhkan guru (84,2) dalam upaya peningkatan kompetensi menulis artikel ilmiah. Kesimpulannya, pendampingan menggunakan webinar dapat menjadi pilihan dalam meningkatkan kompetensi guru di Papua Barat saat pandemi Covid-19.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.