Main Article Content

Abstract

Dusun Sambungrejo dan Dusun Nipis, Desa Sambungrejo, Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang berada di perbukitan Sokoringi dan Seloprogo dengan elevasi 750 hingga 1200 mdpl dengan topografi lereng yang cukup curam. Pada hari Sabtu, 29 April 2017 pukul 15:00 WIB banjir bandang menimpa dua desa yaitu Desa Sambungrejo dan Citrosono dengan korban jiwa sebanyak 13 orang. Dusun Sambungrejo dan Dusun Nipis, Desa Sambungrejo merupakan dusun yang ter dampak paling parah dengan 11 korban jiwa sedangkan dampak fisik dan non fisik lainnya adalah 67 rumah rusak, puluhan warga terutama anak-anak mengalami traumatis bencana dan kerusakan lingkungan. Sudah dua tahun berlalu, fase recovery dan rehabilitasi sudah dilakukan namun masih belum ada teknologi mitigasi bencana yang diterapkan di desa tersebut. Perancangan alat peringatan dini bencana ini juga tidak mudah dilakukan karena harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi desa setempat. Program pengabdian masyarakat ini akan diarahkan pada transfer teknologi dengan menerapkan teknologi EWS (Early Warning System) berbasis Internet of Things (IoT) untuk longsor yang menyebabkan banjir bandang.

Keywords

Sambungrejo Banjir Bandang Early Warning System Internet of Things

Article Details

References

  1. Margono, Handayani, E. dan Mareta, R. (2019). Tanggap Darurat Bencana Kekeringan di Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Community Empowerment 4 (2), 75-82. Retrieved from http://journal.ummgl.ac.id/index.php/ce
  2. Nugroho, Adnan, dkk. (2013). Analisis Studio Wilayah Kabupaten Magelang II (Unpublished thesis). Program studi Perencanaan Wilayah dan Kota, JUTAP, FT UGM: Yogyakarta.
  3. Data dan Informasi Bencana Indonesia Badan Nasional Penanggulangan Bencana (DIBI BNPB) (2017). Retrieved pada 3 Juli 2017 pukul 08:00 WIB from http://dibi.bnpb.go.id /
  4. BPS Kabupaten Magelang. (2019). Kecamatan Grabag dalam Angka. Magelang: BPS Kab. Magelang.
  5. Peraturan Daerah Kabupaten Magelang. (2011). PERDA Nomor 5 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Magelang tahun 2010-2030. Magelang: Sekda Kab. Magelang.