Main Article Content

Abstract

Mulai tahun 2011 produk kopi ditetapkan sebagai salah satu produk unggulan di Kabupaten Temanggung. Sejak saat itu, UKM kopi bermunculan di Temanggung dan sebagian besar merupakan produsen rumahan yang dikelola secara tradisional. Oleh karena itu, melalui pengabdian masyarakat Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) ini, dipilh  2 mitra yang telah memproduksi kopi bubuk masing-masing sudah 2 tahun dan membutuhkan difusi ipteks di bidang teknologi pengolahan, perbaikan manajemen produksi, pengembangan produk, pengurusan hak cipta, dan pemasaran. Pada mitra 1 (UKM Kopi Manungal), dilaporkan ada peningkatan produksi mencapai 150 kg dari sebelumnya hanya rata-rata 100 kg per bulan. Saat ini juga melayani jasa roasting untuk masyarakat sekitar UKM. Label juga sudah bisa cetak sendiri dengan paket komputer dan printer dari PPPUD dengan pelatihan desain dan pencetakannya. Pada sisi pengelolaan keuangan, saat ini sudah tertib administrasi standar UKM melalui pendampingan. Sementara itu, untuk mitra 2 (UKM Kopi Gesing), telah memproduksi dengan mesin roaster sendiri. Selain itu, UKM ini juga telah melayani jasa roaster kepada UMKM lain dan masyarakat sekitar. Hasil ujicoba, alat roaster mampu mengolah 36 kg kopi dengan 3 kg LPG.

Keywords

PPPUD Mesin Roaster Peningkatan Produksi

Article Details

References

  1. Bappeda Kab. Temanggung. (2011). Peta Indikator Geografis (IG) Kopi Kabupaten Temnggung. Retrieved May 31, 2017, from http://bappeda.temanggungkab.go.id/publikasi/
  2. Bappeda Kab. Temanggung. (2016). Klaster Naungan FEDEP. Retrieved May 31, 2017, from http://bappeda.temanggungkab.go.id/artikel/detail/klaster- naungan-fedep
  3. Lutfiyati, H., Praja, C.B.E., & Setiyo, M. (2018). Pengembangan Produk Unggulan Daerah Kopi Robusta Temanggung, in Senadimas, Surakarta.
  4. Praja, C.B.E., Lutfiyati, H. & Setiyo, M. (2018). Temanggung Local Coffee Marketing Potential Through Marketplace: Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Which Is the Best?. Journal of Community Services and Engagement, 1 (1), 39-47.
  5. Tri Risandwi. (2013). Analisis efisiensi produksi kopi robusta di kabupaten Temanggung. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 11(1), 87–102.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>