Main Article Content

Abstract

Hipertensi adalah faktor risiko utama penyakit kardiovaskular dan stroke. Dusun Trojayan memiliki cukup banyak kasus hipertensi, di samping kasus hiperkolesterolemia maupun kasus DM. Namun hipertensi memiliki jumlah penderita terbanyak dibanding kasus penyakit yang lain. Dari analisis data, menunjukkan adanya 32 warga tercatat menderita hipertensi. Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT) bertujuan untuk memaksimalkan pemantauan terhadap penderita hipertensi dengan melibatkan salah satu anggota keluarga sebagai penanggung jawab agar penderita hipertensi dapat terpantau. Dengan menggunakan metode RUP: Inception (permulaan), elaboration (perencanaan), construction (konstruksi), dan transition (transisi). Hasil dari kegiatan ini adalah caregiver memahami tentang penyakit hipertensi dan pencegahannya serta terampil menggunakan tensi digital untuk memantau penderita hipertensi. Masyarakat juga berperan aktif dalam kegiatan menanam tanaman obat keluarga (toga) untuk mencegah penyakit hipertensi seperti belimbing wuluh, pohon salam, tapak dara, seledri, dan wortel. Dalam pendampingan, masyarakat sudah mampu melanjutkan kegiatan yang diajarkan pada saat PPMT, dan telah ditunjuk 1 orang dalam keluarga untuk bertanggung jawab sebagai pemantau penderita hipertensi. Kesimpulan program PPMT ini sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan peran caregiver hipertensi, sehingga penderita hipertensi dapat terpantau. Luaran kegiatan berupa publikasi media massa, leaflet dan buku saku penderita hipertensi, video kegiatan, dan artikel ilmiah.  

Keywords

caregiver hipertensi TOGA PPMT

Article Details

References

  1. Efendi, H., & Larasati, T. (2017). Dukungan Keluarga dalam Manajemen Penyakit Hipertensi. Jurnal Majority, 6(1), 34–40.
  2. Esti Rahayu, H. S. (2020). Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (Ppmt) Bagi Lansia Dusun Krajan, Desa Majaksingi, Kabupaten Magelang. GEMASSIKA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 47. https://doi.org/10.30787/gemassika.v4i1.568
  3. Kementerian Kesehatan RI. (2019). Panduan Praktis Untuk Caregiver. Kemenkes RI.
  4. Sugiyanto, S. (2016). Hubungan Peran Serta Kader Posyandu Dengan Perawatan Hipertensi Pada Lanjut Usia (Lansia) Di Desa Salamrejo Sentolo Kulon Progo. Media Ilmu Kesehatan, 5(2), 168–174. https://doi.org/10.30989/mik.v5i2.67
  5. Trisnawati, E., & Jenie, I. M. (2019). TERAPI KOMPLEMENTER TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI : A LITERATUR REVIEW. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 6(3), 641–648.