Main Article Content
Abstract
Pemenuhan gizi sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak terutama dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Keluarga, terutama Ibu-ibu berperan penting dalam pemberian gizi seimbang, karena itu Ibu-ibu harus memiliki pengetahuan yang baik tentang itu. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan Ibu-ibu balita tentang gizi seimbang pada balita. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Saatu. Sasaran kegiatan ini adalah Ibu-ibu yang memiliki anak balita yang berjumlah 5 Orang. Metode kegiatan ini adalah melakukan pre-test, kemudian dilanjutkan dengan pemberian penyuluhan menggunakan media leaflet, dan diakhiri dengan pengisian post-test. Hasil evaluasi melalui pengisian kuesioner pre-post test menunjukkan ada peningkatan pengetahuan Ibu-ibu. Rata-rata pengetahuan sebelum penyuluhan adalah 66 dan rata-rata setelah penyuluhan adalah 77. Kami menyarankan kepada petugas kesehatan lebih banyak memberikan penyuluhan yang berkelanjutan setiap bulan sehingga akan berdampak pada peningkatan status gizi balita.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=5666&pRegionCode=TRUNOJOYO&pClientId=639
- Azria, C. R., & Husnah. (2016). Pengaruh Penyuluhan Gizi Terhadap Pengetahuandan Perilaku Ibu Tentang Gizi Seimbang Balita Kota Banda Aceh. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 16(2), 87–92. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JKS/article/view/5055
- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Kementerian Kesehatan R.I.
- Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah. (2020). Profil kesehatan Provinsi Sulawesi tengah Tahun 2019. https://dinkes.sultengprov.go.id/profil-dinas-kesehatan-provinsi-sulawesi-tengah/
- Fajriani, Aritonang, E. Y., & Nasution, Z. (2020). Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Gizi Seimbang Keluarga dengan Status Gizi Anak Balita Usia 2-5 Tahun. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(1), 1–11. http://journals.stikim.ac.id/index.php/jikm/article/view/470
- Kementerian Kesehatan RI. (2017). Profil Kesehatan Indonesi Tahun 2016. In Kementerian Kesehatan RI. Kementrian Kesehatan RI.
- Masrikhiy, R., & Ah. (2020). Peningkatan Pengetahuan Ibu Mengenai Gizi Seimbang dalam Pemenuhan Gizi Keluarga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 476–481. https://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/3636/2336
- Ngoma, D. N., Adu, A. A., & Dodo, D. O. (2020). Fakyor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Gizi Kurang Pada Balita di Kelurahan Oesapa Kota Kupang. Media Kesehatan Masyarakat, 16(1), 116–126. https://ejurnal.undana.ac.id/MKM/
- Nindyna Puspasari, & Merryana Andriani. (2017). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Gizi dan Asupan Makan Balita dengan Status Gizi Balita (BB/U) Usia 12-24 Bulan. Amerta Nutrition, 1(4), 369–378. https://doi.org/10.20473/amnt.v1.i4.2017.369-378
- Puskesmas Mapane. (2017). Laporan Program Gizi Tahun 2017.
- Puskesmas Mapane. (2019). Laporan Program Gizi Tahun 2019.
- Puskesmas Mapane. (2020). Laporan e-PPGBM Januari 2020.
- Puspitasari, B., & Kartikasari, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Balita dengan Status Gizi Balita Umur 1-3 Tahun (di Posyandu Jaan Desa Jaan Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk). Jurnal Kebidanan, 5(2), 53–59. https://doi.org/10.35890/jkdh.v5i2.68
- Ramadhan, K. (2019). Status Gizi menurut Tinggi Badan per Umur pada Balita. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 13(2), 96–101. https://doi.org/10.33860/jik.v13i2.38
- Susilowati, E., & Himawati, A. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Balita Dengan Status Gizi Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Gajah 1 Demak. Jurnal Kebidanan, 6(13), 21–25. https://doi.org/10.31983/jkb.v6i13.2866
- Utaminingtyas, F. (2020). Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Terhadap Seimbang pada Balita di Kelurahan Tingkir Lor , Kota Salatiga. Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(1), 171–184. https://jurnal.poltekkesbanten.ac.id/Medikes/article/view/218/174