Main Article Content
Abstract
Jumlah mahasiswa aktif Untag Banyuwangi berdasarkan pada tahun genap akademik 2019/2020 sebanyak 4099 mahasiswa. Pada kegiatan PPK tahun 2019 dari 100 mahasiswa yang mendaftar hanya 20 yang didampingi secara intensif dan hanya 5 yang sampai sekarang bisa berhasil. Dari 20 mahasiswa tersebut belum ada yang memiliki business plan, mahasiswa dan alumni hanya sekedar berbisnis tanpa mempunyai perencanaan dalam business plan. Dengan melihat tingginya minat mahasiswa dan alumni yang ingin mengikuti PPK di Untag Banyuwangi, maka perlu dilakukan pendampingan kewirausahaan mahasiswa dan alumni tahun 2020 untuk membuat perencanaan bisnis. Pelaksanaan PPK di Untag Banyuwangi dilaksanakan dengan tahapan campaign program pengembangan kewirausahaan, live instagram cara gampang bikin iklan yang menghasilkan banyak pelanggan, live instagram cara meledakkan omset lewat marketplace, pelatihan dan pendampingan dalam beberapa sesi webinar 1 dengan tema “Branding untuk usaha mahasiswa”, webinar 2 dengan tema “Bangun bisnis milyaran, modal recehan”, webinar 3 dengan tema “Jurus Ampuh menguasai bisnis kuliner”, pendampingan strategi bisnis dan pengembangan pembelajaran virtual menggunakan Massive Online Open Course Program Pengembangan Kewirausahaan 2020. Dengan pendampingan kewirausahaan melalui PPK tahun 2020 mahasiswa dan alumni memiliki business plan dan dapat dijadikan sebagai acuan melakukan bisnis secara tepat sehingga dapat meningkatkan omset.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Asderaki, F. (2009). The impact of the Bologna process on the development of the Greek quality assurance system. Quality in Higher Education, 15(2), 105–122. https://doi.org/10.1080/13538320902995758
- Davey, T., Hannon, P., & Penaluna, A. (2016). Entrepreneurship education and the role of universities in entrepreneurship: Introduction to the special issue. Industry and Higher Education, 30(3), 171–182. https://doi.org/10.1177/0950422216656699
- Etzkowitz, H. (2001). The second academic revolution and the rise of entrepreneurial science. IEEE Technology and Society Magazine, 20(2), 18–29. https://doi.org/10.1109/44.948843
- Gallup Organisation. (2007). Entrepreneurship Survey of the EU (25 Member States), United States, Iceland and Norway. In Flash Eb Series #192,. Retrieved from http://ec.europa.eu/public_opinion/flash/fl_192_sum_en.pdf
- Gorman, G., Hanlon, D., & King, W. (2015). Some Research Perspective on Entrepreneurship Education, Enterprise Education and Education for Small Business Management : A Ten-year Literature Review. International Small Business Journal, 15(3), 56–77.
- Henry, C., Hill, F., & Leitch, C. (2005). Entrepreneurship education and training: Can entrepreneurship be taught? Part I. Education and Training, 47(2), 98–111. https://doi.org/10.1108/00400910510586524
- Lackéus, M. (2015). BGP_Entrepreneurship-in-Education (OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development), ed.). European.
- Levie, J. (2010). Global Entrepreneurship Monitor 2009 Executive Report. Regional Studies, (March 2014).
- Von Stamm, B. (2004). Innovation - What’s Design Got to Do with it? Design Management Review, 15(1), 10–19.