Main Article Content

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan proses pembelajaran dilakukan secara daring secara sepenuhnya, mulai dari KBM hingga evaluasi belajar. Hasil observasi pada sekolah SDN Wiwitan, Kampung Ciekek Desa Talun Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, menunjukkan bahwa pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) maupun Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan metode daring mengalami kendala, yaitu siswa mulai bosan dengan aplikasi yang ada. Dengan demikian, guru-guru dituntut untuk melakukan pembaruan dalam pelaksanaan ujian agar ujian tetap formal dan tetap menyenangkan bagi siswa. Tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan aplikasi Liveworksheets untuk membantu guru membuat modul interaktif yang dapat memuat kegiatan ujian siswa dengan penilaian secara otomatis. Metode dalam KKN Tematik adalah pelatihan yang dilaksanakan secara daring dengan WhatsApp Group. Materi dibagi menjadi empat task dan disampaikan dalam dua tahap, serta diikuti oleh guru kelas III dan IV. Hasil pelatihan Liveworksheets daring menunjukkan bahwa guru-guru mampu mengoperasikan liveworksheets dengan baik. Implikasinya, guru-guru dapat menumbuhkan kreativitas dan minat untuk terus melakukan pembaruan pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19.

Article Details

Author Biographies

Syifaul Fuada, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia

Profile: Scopus IDGoogle ScholarORCID IDACADEMIASINTARESEARCHGATE | PUBLONS

Nur’afni Fitria Fajriati, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia

Nur’afni Fitria Fajriati, lahir di Bandung, 07 Januari 2000 mahasiswi semester 8 di Universitas Pendidikan Indonesia kampus Purwakarta. Aktif di organisasi Himpunan Mahasiswa PGSD UPI PWK dan Ikatan Mahasiswa PGSD Indonesia (Daerah 1, Wilayah 2), dan pernah mendapatkan penghargaan Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Inggris Festival BEM UPI Purwakarta Tingkat Kabupaten yang diselenggarakan oleh BEM UPI Purwakarta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>