Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru (Studi Kasus TK Anugerah Bengkayang)

  • Lisa Anggela Program Studi Manajemen, Institut Shanti Bhuana, Bengkayang, Kalimantan Barat
  • Priska Vasantan Program Studi Manajemen, Institut Shanti Bhuana, Bengkayang, Kalimantan Barat
Keywords: Gaya Kepemimpinan, Peningkatan Kinerja Guru

Abstract

Studi ini membahas tentang gaya kepemimpinan seorang kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru. Hal ini sangat penting bagi pedidik sebagai bentuk pendukung dan semangat jiwa kerja para pengajar, sehingga mereka akan bekerja dengan tenaga dan kemampuan mereka dalam bidang dan keahliannya demi mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru TK Anugerah Bengkayang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah yang diberikan dalam bentuk semangat pelayanan kepada siswa TK Anugerah Bengkayang telah memotivasi guru sehingga meningkatkan kinerja dalam mendampingi siswa berupa motivasi, nasehat serta pendampingan yang berkaitan dengan sikap/karakteristik, dan kedisiplinan serta nilai-nilai moral yang ditanamkan. Adapun sikap yang ditanamkan pada TK Anugerah Bengkayang yang dapat meningkatkan kinerja yaitu: sikap, pelayanan, motivasi, kepemimpinan, dan kemampuan kerja. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan dari kepala sekolah sangat memotivasi para guru dalam peningkatan kinerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-24