Main Article Content

Abstract

Dalam dunia keuangan bisnis, manajemen keuangan yang efisien memegang peran sentral dalam menjaga kesehatan keuangan perusahaan. Pemahaman yang baik terhadap siklus aktiva dan passiva, terutama dalam hal perputaran aset dan kewajiban menjadi kunci untuk mengukur kinerja dan mengidentifikasi potensi masalah. Penelitian ini fokus pada analisis laporan keuangan perusahaan, terutama neraca dan laba rugi selama tiga tahun terakhir yaitu 2020, 2021 dan 2022. Dengan penekanan pada neraca, penelitian ini bertujuan memberikan wawasan yang relevan dan bermanfaat bagi manajemen untuk menilai kondisi keuangan perusahaan dan hasil operasionalnya selama periode tersebut. Desain penelitian ini adalah deskriptif analisis, jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah laporan keuangan bagian neraca dan laba rugi pada periode 2020-2022. Rasio likuiditas menunjukan penurunan likuiditas perusahaan dari tahun 2020 hingga 2021, rasio solvabilitas menunjukan bahwa perusahaan telah menggunakan lebih banyak utang untuk mendanai operasinya. Rasio ini naik dari 0,26 pada tahun 2020 menjadi 0,38 pada tahun 2021. Rasio aktivitas menunjukan terjadinya fluktuasi tahun 2020 dan 2022. Rasio tersebut relatif rendah, sedangkan pada tahun 2021 rasio aktivitas meningkat secara signifikan. Perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor yang menyebabkan penurunan dan peningkatan profitabilitas terutama dari sisi internal perusahaan, karena faktor internal merupakan faktor yang dapat dikendalikan sendiri oleh perusahaan.

Keywords

Laporan keuangan Rasio likuiditas Rasio Solvabilitas Rasio Aktivitas Rasio Profitabilitas

Article Details

References

    Pongoh, M. (2013). Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan PT. Bumi Resources Tbk. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).
    Pratiwi, D., Maharani, B., & Afif, N. (2024). The Influence of Sales Growth, Asset Structure, Profitability, and Business Risk on Capital Structure. Islamic Micro Finance Journal, 1(1).
    Puspitasari, D., Purwantini, A. H., & Maharani, B. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Sales Growth dan Konservatisme Akuntansi terhadap Tax Avoidance. Borobudur Accounting Review, 21–35.
    Rhamadana, R. B., & Triyonowati, T. (2016). Analisis rasio keuangan untuk menilain kinerja keuangan pada pt. hm sampoerna Tbk. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(7).
    Sirajuddin, M. F. (2021). Jurnal Analisis Rasio Keuangan Terhadap Kondisi Financial Distress Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.
    Sugiyono, S. (2016). Statisktika Untuk Penelitian. Alfabeta.
    Suhendro, D. (2017). Analisis profitabilitas dan likuiditas untuk menilai kinerja keuangan pada PT Siantar Top Tbk. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1).
    Wardianti, L., & Sartika, D. (2024). Pengaruh Prinsip 5C Terhadap Keputusan Pemberian Pembiayaan Pada Bank Aceh Syariah Cabang Singkil. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 1649–1663.