Main Article Content

Abstract

Terjadi peningkatan yang signifikan terkait isu kecurangan dan fraud pada dunia bisnis. Kampus sebagai salah satu institusi yang menyediakan para calon pekerja saat ini telah banyak menjadi sorotan terkait kualitas lulusan. Kompetensi menjadi bukanlah satu-satunya hal yang perlu diperhatikan kampus, pengaruhnya terhadap pengembangan karakter dan perilaku etis mahasiswa memainkan peran penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keperibadian mahasiswa memiliki pengaruh terhadap kecenderungan mahasiswa melakukan perilaku tidak etis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengujian antar variabel. Sebanyak 113 responden dari berbagai kampus bisnis di Makassar dianalisis lebih lanjut dalam penelitian ini. Analisis data pada tahap 1 yaitu pengujian regresi menunjukkan 4 variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku etis. Pada tahap kedua pengujian regresi moderasi menunjukkan hanya variabel kehati-hatian yang tidak dimoderasi oleh dukungan sejawat, selebihnya terdukung. Hal ini kemudian menunjukkan bahwa peran dukungan sejawat memainkan peran penting dalam memperkuat dan mengubah hubungan yang negarif menjadi positif antara Big 5 personality dan dukungan sejawat. Teori pengaruh sosial menjelaskan bagaimana peran dukungan rekan sejawat mempengaruhi hubungan keperibadian mahasiswa terhadap niat mereka terkait perilaku tidak etis. Penelitian selanjutnya juga dapat menguji temuan ini dengan menggunakan sampel dalam skala nasional.

Keywords

Big 5 Personality Ethical Behavior Peer Support Social Influence Moderate

Article Details

References

    Association of Certified Fraud Examiners Indonesia. (2019). Survei Fraud Indonesia 2019. Indonesia Chapter #111, 53(9), 1–76. https://acfe-indonesia.or.id/survei-fraud-indonesia/
    Ballantine, J. A., Larres, P. M., & Mulgrew, M. (2014). Determinants of academic cheating behavior: The future for accountancy in Ireland. Accounting Forum, 38(1), 55–66.
    Blumberg, B., Cooper, D., & Schindler, P. (2014). EBOOK: Business research methods. McGraw Hill.
    Bratton, V. K., & Strittmatter, C. (2013). To cheat or not to cheat?: The role of personality in academic and business ethics. Ethics & Behavior, 23(6), 427–444.
    Dewi, L. G., & Dewi, A. (2018). Money and Unethical Behavior of Accounting Students. Journal of Accounting and Business Education, 2. https://doi.org/10.26675/jabe.v2i2.11225
    Eury, J. L., & Treviño, L. K. (2019). Building a culture of honor and integrity in a business school. Journal of Management Education, 43(5), 484–508.
    Giluk, T. L., & Postlethwaite, B. E. (2015). Big Five personality and academic dishonesty: A meta-analytic review. Personality and Individual Differences, 72, 59–67.
    Igartua, J.-J., & Hayes, A. F. (2021). Mediation, moderation, and conditional process analysis: Concepts, computations, and some common confusions. The Spanish Journal of Psychology, 24, e49.
    Jamaludin, N. L., & Mehon, P. (2020). The role of big 5 personality traits in determining ethical behaviour for hospitality industry employees in Malaysia. International Journal of Service Management and Sustainability (IJSMS), 5(1), 1–24.
    Kokkinos, C. M., & Antoniadou, N. (2023). Understanding Academic Dishonesty in University Settings: The Interplay of Dark Triad Traits and Moral Disengagement. The Journal of Genetic Psychology, 1–14. https://doi.org/10.1080/00221325.2023.2297850
    Larsen, R. J., & Buss, D. M. (2021). Personality Psychology-Domains of knowledge about human nature (Seventh Ed). McGraw Hill.
    Pascual-Ezama, D., Dunfield, D., Gil-Gómez de Liaño, B., & Prelec, D. (2015). Peer effects in unethical behavior: Standing or reputation? PloS One, 10(4), e0122305.
    Poropat, A. E. (2009). A meta-analysis of the five-factor model of personality and academic performance. Psychological Bulletin, 135(2), 322.
    Rua, T., Lawter, L., & Andreassi, J. (2024). The ethical student scale: development of a new measure. Organization Management Journal.
    Ruiz‐Palomino, P., Bañón‐Gomis, A., & Linuesa‐Langreo, J. (2019). Impacts of peers’ unethical behavior on employees’ ethical intention: Moderated mediation by Machiavellian orientation. Business Ethics: A European Review, 28(2), 185–205.
    Sekartaji, F. A., Suhendro, S., & Fajri, R. N. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Etis Mahasiwa Akuntansi:(Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Swasta Di Surakarta). Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 4(2), 317–330.
    Simha, A., & Parboteeah, K. P. (2020). The big 5 personality traits and willingness to justify unethical behavior—a cross-national examination. Journal of Business Ethics, 167, 451–471.
    Štimac, H., Pap, A., & Ham, M. (2019). Predicting students unethical behaviour: Do attitudes lead towards intentions? Ekonomski Vjesnik: Review of Contemporary Entrepreneurship, Business, and Economic Issues, 32(1), 117–127.
    Wang, D., Weng, Q., Kiani, A., & Ali, A. (2022). Job insecurity and unethical pro-organizational behavior: The joint moderating effects of moral identity and proactive personality. Personality and Individual Differences, 195, 111685.
    Wibowo, P. A., Herlina, D., & Kristyasari, B. (2011). Perilaku kecurangan akademik berdasarkan faktor demografi dan tipe kepribadian A dan B. Prosiding Seminar Nasional Psikologi, Hal, 42–52.