Main Article Content

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan Activity Based Costing (ABC) dalam penentuan harga pokok produksi pada UD. Arofah Berkah Jember. Dengan pesatnya perkembangan dunia usaha, pemilik usaha dihadapkan pada persaingan harga yang ketat sehingga memerlukan inovasi untuk menjalankan kegiatan usaha secara efisien. Menentukan harga pokok produksi secara akurat menjadi sebuah tantangan ketika sebuah bisnis memiliki produk yang beragam. Penerapan ABC penting untuk mengalokasikan biaya overhead dengan lebih akurat dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui dokumen, wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya ABC dalam menentukan harga pokok produksi untuk kelangsungan usaha.

Keywords

Sistem Activity Based Costing Metode Tradisional Harga Pokok Penjualan

Article Details

References

  1. Baviga, R. (2021). Penerapan Metode Activity-Based Costing System Dalam Menentukan Besarnya Tarif Jasa Rawat Inap: Studi Kasus pada RSUD Mayjen HA Thalib Kerinci. Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, 1(3), 371-401.
  2. Kaukab, M. E. (2019). Implementasi activity-based costing pada UMKM. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 2(1), 69-78.
  3. Muhdiyanto, M., Yuniawan, A., & Mas’ud, F. (2021). Creative process engagement mediate the relation between proactive personality, creativity employee, and innovation. Paper presented at the Journal of International Conference Proceedings.
  4. Pratama, B. (2022). Perbandingan Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Konvensional Dan Activity Based Costing (Abc) Pada Perusahaan Pabrik Roti. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(2), 571-578.
  5. Pratiwi, T. D., & Muhdiyanto, M. (2022). Pengaruh Locus Of Control Dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi (Studi Empiris Pada Karyawan Pabrik PT. Tambi). Borobudur Management Review, 2(2), 112-131.
  6. Pratiwi, W. A., & Wirananda, H. A. (2022). Analisis Perbandingan Penerapan Target Costing Dan Activity Based Costing Dalam Pengendalian Biaya Produksi Pada UD. Ratu Bakery And Cake Shop. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(2), 121-131.