Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran budaya amere terhadap perkembangan karakter mahasiswa di Institut Shanti Bhuana.Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa-mahasiswi Institut Shanti Bhuana yang tinggal Asrama Institut Shanti Bhuana. Pengumpulan data dilakukan melalui obeservasi dan wawancara mendalam. Data diolah dan Kodifikasi dan disimpulkan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa budaya organisasi yakni budaya amare mampu membuahkan karakter positif terhadap mahasiswa seperti belas kasih, saling menghargai, persaudaraan dan semangat belajar yang tinggi.

Keywords

Budaya Amare Pengembangan Karakter Institut Shanti Bhuana

Article Details

References

  1. Akbar, T. S. (2015). Manusia Dan Pendidikan Menurut Pemikiran Ibn Khaldun Dan John Dewey. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 222–243.
  2. Lika, O., Duha, M. S., & Santy, M. (2022). Asrama dan Pembina Asrama: Medan Pembentukan Karakter Mahasiswa. In Theos: Jurnal Pendidikan Dan Theologi, 2(3), 77–83.
  3. Nurpratiwi, H. (2021). Membangun karakter mahasiswa Indonesia melalui pendidikan moral. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(1), 29–43.
  4. Putri, M. A., & Supriyanto, A. (2020). Pembangunan Karakter Mahasiswa Melalui Keikutsertaan Dalam Organisasi Kemahasiswaan. Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.
  5. Rosaliza, M., Asriwandari, H., & Indrawati, I. (2023). Field Work: Etnografi dan Etnografi Digital. Jurnal Ilmu Budaya, 20(1), 74–103.
  6. Salfarini, E. M., & Sugianto, H. A. T. (2021). Peran modal spiritual dalam pembentukan budaya amare di kalangan mahasiswa STIM Shanti Bhuana. Management and Sustainable Development Journal, 3(2), 1–12.
  7. Sari, M., Sembiring, I., & Purnomo, H. D. (2022). Analysis of frontier’s internet network quality. Jurnal Bumigora Information Technology (BITe), 4(2), 205–216.
  8. Susanto, B., Afif, N., Maharani, B., Yuliani, N. L., & Ab Aziz, M. R. (2023). Gender Differences, Framing, and Responsibility in Investment Decision-Making: An Experimental Study. Journal of Accounting and Investment, 24(1), 137–154.
  9. Zuliyati, Z. Z., Robiyanto, F., & Karimah, I. (2022). Pengaruh Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavior Control, Herding dan Pengetahuan Akuntansi terhadap Niat Penggunaan Sistem Akuntansi Terkomputerisasi pada UMKM di Kudus. Borobudur Accounting Review, 70–79.