Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh celebrity endorser, brand image, kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kosmetik wardah. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 120 responden. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel brand image tidak berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel celebrity endorser, brand image, kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords

Celebrity Endorser Brand Image Kualitas Produk Persepsi Harga Keputusan Pembelian

Article Details

References

  1. Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5612
  2. Ghadani, A., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di shopee dengan mediasi brand awareness. Insight Management Journal, 2(3), 110–118. https://doi.org/10.47065/imj.v2i3.200
  3. Imam Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (Ghozali, Imam).
  4. Imam Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (edisi 9). Universitas Diponegoro.
  5. Jayanti, S. E., & Siahaan, R. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keoutusan Pembelian Lipstik Pixy Mahasiswi STIE Bina Karya. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 37. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.167-172
  6. Kholiq, I., & Sari, D. K. (2021). The Influence of Viral Marketing, Celebrity Endorser, and Brand Awareness on Purchase Decisions on Make Over Cosmetic Products in Sidoarjo. Academia Open, 4. https://doi.org/10.21070/acopen.4.2021.2604
  7. Kinanti, S., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening di Kota Batam. eCo-Buss, 5(3), 880–893. https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.635
  8. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15 [edition]). Pearson.
  9. Hermawan, Aditya., Hidayah, Nur., dan Utami, Pranita Siska. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Green Marketing, dan Experiential Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris pada Konsumen Kopi Lawoek Temanggung). Borobudur Management Review. Vol 3 (1). https://journal.unimma.ac.id/index.php/bmar/article/view/8799/4400
  10. Nggilu, M., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awarness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado.
  11. Sulistyawati, B. S., Istiqomah, F. N., Mustofa, H., Diski, K. M., Melati, V. S., & Rahadhini, M. D. (2023). Pengaruh Persepsi Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kasus Konsumen Wardah Cosmetics Surakarta September, 6(2).
  12. Yuliana, S., & Maskur, A. (2021) Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Sinestesa Coffeeshop Pati).