Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan omzet pada Pisang Goreng Wijen Umama di Kota Balikpapan saat bermitra dengan Go-food. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat apakah strategi yang dilakukan oleh Pisang Goreng Wijen Umama sudah benar-benar tepat. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menggambarkan kejadian atau fakta yang terdapat pada suatu objek penelitian dengan cara melakukan wawancara kepada pemilik yang di bandingkan dengan data pendukung yang didapatkan dengan cara penyebaran kueisioner. Dari hasil penelitian ini juga menjelaskan bahwa penjualan online yang dilakukan oleh Pisang Goreng Wijen Umama melalui merchant Go-food dinilai berhasil meningkatkan omzet dan membantu Pisang Goreng Wijen Umama untuk mencapai target penjualan kurang lebih sebesar 20%. Target penjualan yang ditetapkan Pisang Goreng Wijen Umama sebesar Rp 8.000.000 per bulan dan penjualan yang didapat dari merchant Go-food saja bisa mencapai Rp 10.000.000 per bulan dan disetiap bulan meningkat.
Keywords
Article Details
References
- Amelia, R. (2019). Pengaruh Aplikasi Gofood Terhadap Peningkatan Penjualan Mochitalk Plaza Medan Fair. Manajemen Pemasaran Politeknik Unggul LP3M, 6(2), 79–84.
- Anggraeni, N. A., Purwantini, A. H., & Prasetya, W. A. (2024). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Sales Growth, dan Thin Capitalization terhadap Tax Avoidance. Borobudur Accounting Review, 4(1), 29–40.
- Basu, S. (2012). Manajemen penjualan. Edisi Ketiga, BPFE, Yogyakarta.
- Chaniago, A. A. (2002). Strategi Memajukan Usaha Kecil Dan Menengah. Pustaka, Jakarta.
- Kholifah, M. N., Wiyadi, W., Saputro, E. P., & Sholahuddin, M. (2023). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Online Pasca Pandemi Covid-19 Dimediasi Kepercayaan Pelanggan. Borobudur Management Review, 3(1), 62–88.
- Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing (18th ed). Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=i4pFzwEACAAJ
- Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital. PT Gramedia Pustaka Utama.
- Nuraeni, I., Pramita, Y. D., & Afif, N. (2023). Pengaruh kualitas laporan keuangan, pemanfaatan teknologi, pengendalian internal dan sistem pelaporan terhadap akuntabilitas kinerja. Borobudur Accounting Review, 3(2), 102–112.
- Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (2021). https://peraturan.bpk.go.id/Details/161837/pp-no-7-tahun-2021
- Restuti, N., & Kurnia, M. (2022). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan Transaksi, Kualitas Informasi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Secara Online Pada Marketplace Shopee. Borobudur Management Review, 2(1), 24–40.
- Riswandi, D. (2019). Transaksi on-line (e-commerce): peluang dan tantangan dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal Econetica, 1(1), 1–13.
- Wulansari, D. A. (2015). Pengaruh Penjualan Online Terhadap Omzet Penjualan Butik Zieta Desa Sewulan Kec. Dagangan Kab. Madiun. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 3(2). https://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i2.664