Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh kepedulian lingkungan terhadap loyalitas pelanggan melalui persepsi keberlanjutan produk, khususnya pada produk air mineral kemasan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan teori SOR (Stimulus-Organism-Response), hasil menunjukkan bahwa kepedulian lingkungan berperan sebagai stimulus yang memicu persepsi keberlanjutan sebagai variabel mediasi, yang kemudian memperkuat hubungan dengan loyalitas pelanggan. Generasi muda, terutama mahasiswa, cenderung memilih produk yang ramah lingkungan, dan persepsi keberlanjutan memperkuat kepercayaan bahwa produk tersebut berkontribusi pada pelestarian lingkungan. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran berbasis keberlanjutan dan komunikasi mengenai upaya pelestarian lingkungan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting untuk pengembangan strategi pemasaran berkelanjutan dan memperluas pemahaman atas perilaku konsumen yang peduli lingkungan di Indonesia.

Keywords

Kepedulian Lingkungan Loyalitas Pelanggan Keberlanjutan Produk Teori SOR Pemasaran Hijau

Article Details

References

  1. Adawiyah, R. A., & Halida, A. N. (2024). Membangun Loyalitas Konsumen pada Produk Ramah Lingkungan. Jipsi, 6(2), 102–111. https://doi.org/10.37278/jipsi.v6i2.882
  2. Ajzen, I. (2011). The theory of planned behaviour: Reactions and reflections. In Psychology and Health (Vol 26, Number 9, bll 1113–1127). Taylor & Francis. https://doi.org/10.1080/08870446.2011.613995
  3. Ajzen, I. (2015). Consumer attitudes and behavior: the theory of planned behavior applied to food consumption decisions. Italian Review of Agricultural Economics (REA), 70(2), 121–138.
  4. Bordens, K. S., & Abbot, B. B. (2021). Research Design and Methodology A Process Approach. In Indiana University--Purdue University Fort Wayne. McGraw-Hill.
  5. Campbell, D. T., & Fiske, D. W. (1959). Convergent and discriminant validation by the multitrait-multimethod matrix. Psychological Bulletin, 56(2), 81–105. https://doi.org/10.1037/h0046016
  6. Chang, N.-J., & Fong, C.-M. (2010). Green product quality, green corporate image, green customer satisfaction, and green customer loyalty. African journal of business management, 4(13), 2836.
  7. Chikosha, F., & Potwana, N. (2021). Modelling consumer perceptions of green products, purchasing behaviour and loyalty. Economics, Management and Sustainability, 6(2), 102–118. https://doi.org/10.14254/jems.2021.6-2.8
  8. Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8
  9. Jacoby, J. (2002). Stimulus-organism-response reconsidered: An evolutionary step in modeling (consumer) behavior. Journal of Consumer Psychology, 12(1), 51–57. https://doi.org/10.1207/s15327663jcp1201_05
  10. Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management. Pearson Education.
  11. Lee, S. Y., Sweeney, J. C., & Soutar, G. N. (2020). Emotion regulation in service encounters: are customer displays real? Journal of Service Theory and Practice, 30(2), 171–194. https://doi.org/10.1108/JSTP-12-2018-0285
  12. Lee, T. C., & Peng, M. Y. P. (2021). Green Experiential Marketing, Experiential Value, Relationship Quality, and Customer Loyalty in Environmental Leisure Farm. Frontiers in Environmental Science, 9, 657523. https://doi.org/10.3389/fenvs.2021.657523
  13. Lestari, S., Wahib, M., & Susanto, A. (2024). Peran Emotional Branding dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen: Studi pada Industri Makanan dan Minuman. Jurnal Manajemen dan Administrasi Bisnis (JUMASIS), 1(1), 1–10.
  14. Maichum, K., Parichatnon, S., & Peng, K. C. (2016). Application of the extended theory of planned behavior model to investigate purchase intention of green products among Thai consumers. Sustainability (Switzerland), 8(10), 1077. https://doi.org/10.3390/su8101077
  15. Maulina, A., Rahmawati, N. F., Patria, Y. M., & Administrasi, F. I. (2023). Practicing Green Consumer Behaviour Model Based on the Theory of Planned Behaviour Perspective Praktik Model Perilaku Konsumen Ramah Lingkungan dari Perspektif Teori Perilaku Terencana. Jurnal Sekretaris dan Administrasi Bisnis, VII(1), 84.
  16. Nasikah, D., & Suwarto, S. (2021). Pengaruh Courtesy, Empati Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah BMT Assyafi’iyah Cabang Purbolinggo Lampung Timur. Borobudur Management Review, 1(2), 92–107.
  17. Sisrika, S., & Prasojo, E. (2025). Pengaruh Kualitas Produk, Pengetahuan Lingkungan, Sikap Lingkungan dan Kesadaran Lingkungan Terhadap Minat Beli Produk Berkelanjutan (Produk Sepeda Motor Listrik di Kota Yogyakarta). Journal Competency of Business, 8(2), 30–49. https://doi.org/10.47200/jcob.v8i2.2770