Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji efektivitas strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh BIOAQUA melalui fitur TikTok Live dengan pendekatan berbasis data (data-driven). Seiring dengan meningkatnya penggunaan TikTok di Indonesia, platform ini telah menjadi saluran potensial dalam membangun interaksi real-time antara merek dan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan dukungan data kuantitatif yang dikumpulkan melalui scraping konten TikTok Live, dokumentasi elektronik, serta statistik penjualan dari TikTok Shop. Selain itu, komentar pengguna dianalisis menggunakan teknik Natural Language Processing (NLP) untuk mengklasifikasikan sentimen audiens (positif, negatif, netral) menggunakan model pre-trained seperti VADER dan BERT, serta mengidentifikasi tema dominan melalui metode Latent Dirichlet Allocation (LDA). Analisis dilakukan menggunakan Google Colab dengan library Python untuk mengidentifikasi korelasi antara variabel interaksi pengguna (jumlah penonton, komentar, dan like) dan peningkatan penjualan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi live streaming dengan intensitas interaksi tinggi—seperti giveaway, polling, dan penandaan produk—berkorelasi positif dengan peningkatan konversi penjualan. TikTok Live terbukti bukan hanya sebagai alat promosi visual, tetapi juga sebagai medium interaktif yang memperkuat keterlibatan emosional konsumen terhadap merek. Temuan ini menegaskan pentingnya optimalisasi durasi siaran, teknik interaksi langsung, serta pemanfaatan analisis sentimen sebagai bagian dari strategi pemasaran digital berbasis data.
Keywords
Article Details
References
- Agistiani, R., Rahmadani, A., Hutami, A. G., Kamil, M. T., Achmad, N. S., Rozak, R. W. A., & Mulyani, H. (2023). Live-streaming TikTok: Strategi mahasiswa cerdas untuk meningkatkan pendapatan di era digitalisasi. Journal of Management and Digital Business, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.53088/jmdb.v3i1.607
- Amri, E. M. (2024). International Journal of Current Science Research and Review Tiktok Shop : Future of E-Commerce ? How Can Galderma Leverage Tiktok Shop to Increase its Penetration and Improve its Market Share in Indonesia Skincare Market ? 07(10), 7895–7908. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V7-i10-49
- Carter, Joanna. (2020). Social media marketing trends 2020 (Issue August).
- Deva, S., Azazi, A., Pebrianti, W., Christiana, M., & Fahruna, Y. (2024). The influence of live streaming shopping tiktok and product quality on purchase decisions with e-trust as mediataion (study on skintific moisturizer products). Journal of Management Science (JMAS), 7(1), 232–240.
- Kholifah, M. N., Wiyadi, W., Saputro, E. P., & Sholahuddin, M. (2023). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Online Pasca Pandemi Covid-19 Dimediasi Kepercayaan Pelanggan. Borobudur Management Review, 3(1), 62-88.
- Mariam, S., & Ramli, A. H. (2023). Digital Marketing Unggul Untuk Peningkatan Pemasaran Umkm Di Kota Jakarta Barat. Indonesian C Ollaboration Journal of Community Services, 3(4), 379–390.
- Monicha, A., Sania, F., & Febriana, P. (2023). Live Streaming TikTok Meningkatkan Penjualan dan Keterlibatan Merek di Indonesia. CONVERSE: Journal Communication Science, 1, 37–48.
- Octavini, N. A., Supriyadi, E., Oktavia, N. T., Waidah, D. F., Fadli, K., Mendrofa, S. A., Sawitri, R. A., Sarjana, S. H., Wiyanti, S., Rohmatulloh, P., Suryanisari, P., & Sutisna, A. J. (2023). PEMASARAN: Konsep dan Praktik. EDUPEDIA Publisher, iv, 258.
- OJK. (2018). Snapshot Perbakan Syariah Indonesia Juni 2018.
- Riswanto, A., Joko, Boari, Y., Taufik, M. Z., Kabanga’, T., H.Irianto, Farid, A., Yusuf, A., Hina, H. B., Kurniati, Y., Karuru, P., Sa’dianoor, H., Ayunda, N., Irmawati, & Ifadah, N. E. (2023). Metodologi Penelitian Ilmiah (Panduan Praktis Untuk Penelitian Berkualitas). In Brigham Young University (Vol. 1, Issue 69).
- Salsabilah, N., Musnaini, M., & Yuniarti, Y. (2024). The Influence of Content Marketing in the Tiktok Application and Online Customer Reviews on Purchasing Decisions for Skincare Skintific (Case Study of Generation Z in Jambi City). East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 3(7), 3065–3078. https://doi.org/10.55927/eajmr.v3i7.10127
- Syulhasbiullah, M., Hidayat, M., & Daud, A. (2024). Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya The Influence of Live Streaming Usage , Online Brand Trust , and Promotion in Social Commerce on Purchase Decisions Pengaruh Penggunaan Live Streaming , Online Brand Trust Dan Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya. 10(2), 331–344.
- Tbp, R. R. R., Wismantoro, Y., Didiek, V., Aryanto, W., & H, G. T. (2025). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Digital Marketing , Live Streaming, Influancer , Dan Online Customer Review Terhadap Purchase Decision Di Tiktokshop Produk Skintific. 8(1), 155–179.