Main Article Content

Abstract

Transformasi digital telah menjadi kebutuhan penting di berbagai sektor, termasuk industri kuliner. Penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis dampak transformasi digital melalui digitalisasi menu dan ordering dalam peningkatan kualitas pelayanan di Cozy Coffee & Resto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui metode triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis untuk mengevaluasi bagaimana digitalisasi mempengaruhi efisiensi operasional, kepuasan pelanggan, dan pengurangan waktu tunggu, sehingga bisa meningkatkan kualitas layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan digitalisasi menu dan sistem pemesanan di Cozy Coffee & Resto dapat menambah pengalaman pelanggan dan penggunaan teknologi QR Code dan aplikasi digital mempermudah proses pemesanan, mempercepat waktu layanan, dan mengurangi kesalahan pesanan. Dengan demikian, digitalisasi terbukti menjadi strategi efektif dalam meningkatkan  kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan di sektor industri food & beverage.

Keywords

digital transformation menu digitalization ordering system service quality food & beverage

Article Details

References

  1. Alberlianasari, F., Nabilah, S., & Rahmawati, S. D. (2022). Implementation of QR Codes on Ichiban Sushi Restaurant’S Dish Menu on Order Time Efficiency and Customer Satisfaction Level. Cashflow : Current Advanced Research on Sharia Finance and Economic Worldwide, 1(4), 13–20. https://doi.org/10.55047/cashflow.v1i4.224
  2. Anam, M. K., Muntalim, M., & Mas' ud, F. (2023). Consumer Perception on Digital Marketing of Fisheries Product in Lamongan, East Java, Indonesia. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 21(1), 1-18.
  3. Anggraini, D. (2023). Kualitas Layanan Publik Digitalisasi (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palembang). Jurnal Administrative Reform, 11(1), 62–76.
  4. Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 254.
  5. Arrofi, R. A., Ajie, R., & Sutabri, T. (2024). Penggunaan transformasi digital bisnis untuk para pelaku UMKM kuliner. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime), 2(1), 180-189.
  6. Arzak, M., Firmansyah, J., & Satriadi, Y. (2021). Analisis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Pelayanan Persampahan Di Kabupaten Sumbawa Tahun 2021`. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), 1615–1620. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2622
  7. Asadanie, F. K., & Anwar, M. K. (2022). Analisis Pelayanan Customer Service pada Kepuasan Konsumen dalam Perspektif Etika Bisnis Islam di LAZNAS Nurul Hayat Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(1), 182–196. https://doi.org/10.26740/jekobi.v5n1.p182-196
  8. Ashrafi, D. M., Iskendar, A., & Shahid, T. (2025). Bytes to bites: Investigating QR code menu use behavior and green satisfaction in the restaurantscapes through a hybrid PLS-SEM and machine learning approach. Journal of Foodservice Business Research, 1–47. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/15378020.2025.2466873
  9. Ayu, I. G., Citra, D., Hadi, I., & Budi, W. (2024). Tinjauan Sosiologis Difusi Inovasi QR Code Dalam Menu Makanan dan Minuman Pada Restoran Maupun Kafe di Panjer, Denpasar Selatan. 1(3), 180–193.
  10. Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. In Muqarnas (Vol. 8). https://doi.org/10.1163/22118993-90000268
  11. Delamarter, C. (2024). Digital food ordering drives increased indulgence and spending, USF study reveals. Newsroom University of South Florida. https://www.usf.edu/news/2024/digital-food-ordering-drives-increased-indulgence- and-spending-usf-study-reveals.aspx?utm_source=chatgpt.com
  12. Erwin, E. (2024). Pemasaran Digital: Teori dan Implementasi (Issue January). https://www.researchgate.net/publication/377638698
  13. Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34-46.
  14. Fitriani, N. (2018). Peran Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Dalam Pembentukan Word of Mouth Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Di Jakarta. Jurnal Manajemen Indonesia, 18(1), 40–51. https://doi.org/10.25124/jmi.v18i1.1258
  15. Hewage, G. S. U., Boman, L., & Lefebvre, S. (2024). Deciphering the dilemma: The surprising impact of QR code menus on diminishing customer loyalty. Journal of Hospitality and Tourism Management, 61, 187–190.
  16. Hotellh, N., Eilertsen, A., & Skiudulait, R. (2023). The effect of QR-codes in the restaurant industry. May.
  17. Laksono, F. B. (2022). Perancangan Dan Penerapan Implementasi Sistem Pemesanan Menu Kedai Lemans Coffee Berbasis Website Dengan Teknologi Quick Response Code. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (Jukanti ) 5(2), 175–180. https://doi.org/10.37792/jukanti.v5i2
  18. Lestari, L. (2022). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Perilaku Konsumen Pada Pt. Pratama Abadi Industri Tangerang. Jurnal Publikasi Ekonomi dan Akuntansi (JUPEA), 2(3), 285-292.
  19. Maisaroh, M., & Muslikhah, R. S. (2024). Transformasi Bisnis Digital Pada Usaha Skala Mikro Di Yogyakarta : Analisis Swot. Jurnal Riset Entrepreneurship, 7(1), 46. https://doi.org/10.30587/jre.v7i1.6548
  20. Masruroh, N., Azalia, I. D., Jannah, M., & Anggraini, J. C. (2024). Literasi Sistem Tranformasi Digital Dalam Optimalisasi Layanan Nasabah. Jamas : Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 406–412. https://doi.org/10.62085/jms.v2i1.88
  21. Namora, M. R., Permana, I., Yusran, R., & Fajri, H. (2023). Transformasi Public Service Delivery Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 7(1), 146–161. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v7i1.4531
  22. Natika, L. (2024). Transformasi Pelayanan Publik Di Era Digital: Menuju Pelayanan Masa Depan Yang Lebih Baik. The World of Public Administration Journal, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.37950/wpaj.v6i1.2040
  23. Nikose, A., Hatwar, A., Adikane, D., & Gaharwar, K. (2023). Cafetaria Food Ordering System using QR Code. International Journal of Scientific Research in Science, Engineering and Technology, 10(2), 157-163.
  24. Ozturkcan, S., & Kitapci, O. (2023). A sustainable solution for the hospitality industry: The QR code menus. Journal of Information Technology Teaching Cases, June 2023. https://doi.org/10.1177/20438869231181599
  25. Panjaitan, W. J., & Lupiana, F. (2023). Penerapan Tranformasi Digital dan Hambatannya Pada Industri Kuliner di Indonesia. Riset Manajemen Dan Ekonomi, 1(2), 278–301.
  26. Putri, D. L., Murniningsih, R., & Santosa, M. (2022). Pengaruh digital marketing, label halal, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian (Studi empiris UMKM oleh-oleh Getuk Eco Magelang). Borobudur Management Review, 2(2), 87-111.
  27. Rosari, M. (2022). Literatur Review: Perbedaan Kepuasan Antara Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) dan Umum Terkait Pelayanan Kesehatan Rawat Inap. Professional Health Journal, 4(1), 72–87. https://doi.org/10.54832/phj.v4i1.285
  28. Shahril, Z., Den, N. S. A. R., Bahari, N. A. S. S., & Asnawi, N. I. M. (2024). Customer Satisfaction in Using Digital QR Code Menu Ordering in Restaurant. Journal of Tourism, Hospitality & Culinary Arts, 16(1), 820–831.
  29. Sisilianingsih, S., Purwandari, B., Eitiveni, I., & Purwaningsih, M. (2023). Analisis Faktor Transformasi Digital Pelayanan Publik Pemerintah Di Era Pandemi. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(4), 883–892. https://doi.org/10.25126/jtiik.2024107059
  30. Sofiati, I., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2018). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Impact of Service Quality on Costumer Loyalty. 8(2), 244–259.
  31. Sulistiyo, R. D, & Shihab, M. R. (2023). Transformasi Digital dalam Pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM): Studi Kasus Korlantas Polri. Technomedia Journal, 8(2SP), 189–204. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i2sp.2064
  32. Syahnur, M. H., Basalamah, J., & Gani, A. A. (2020). Customer Experience Factor Analysis Towards Customer Satisfaction Online Shopping. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 18(2), 83-94.
  33. Theriault, A. (2024). Please Don’t Make Me Use Another QR Code Restaurant Menu. The Walrus Canada’s Conversation. https://thewalrus.ca/qr-code-restaurant menu/?utm_source=chatgpt.com
  34. Trimulyana, R. A. (2024). Transformasi digital dalam perbankan syariah dan dampaknya pada masyarakat Muslim. Persya: Jurnal Perbankan Syariah, 2(1), 8-12.
  35. Tulungen, E. E. W., Saerang, D. P. E., & Maramis, J. B. (2022). Transformasi Digital : Peran Kepemimpinan Digital. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 1116–1123. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41399
  36. Xinyu, R., & Garg, A. (2023). Customer Acceptance of QR Menu Ordering System in Luxury Restaurants. A study of Xi’an, China. Asia-Pacific Journal of Innovation in Hospitality and Tourism, 12(2), 77–96.
  37. Yiğitoğlu, V., Şahin, E., Güneri, B., & Demir, M. Ö. (2025). The Impact of Sustainable QR Menus on Service Quality and Customer Satisfaction: The Moderating Role of Perceived Risk. Sustainability (Switzerland), 17(5), 1–23. https://doi.org/10.3390/su17052323
  38. Zuluaga, T. (2025). How Guests Really Feel About QR Code Menus (Survey Data). Toast. https://pos.toasttab.com/blog/on-the-line/qr-codemenu-insights?srsltid=AfmBOoqGjZvZlwcCvEdN82dFT4OCNGdsqgriHvMUAzksCSt N7Cx0sqb9&utm_source=chatgpt.com