Main Article Content
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menghadapi tantangan besar di era digital yang terus berkembang, UMKM dituntut untuk tetap kompetitif di pasar global. Meningkatkan daya saing menjadi solusi penerapan strategi pemasaran yang berfokus pada produk berkelanjutan. Artikel ini membahas berbagai strategi pemasaran yang dapat diimplementasikan oleh UMKM untuk mempromosikan produk berkelanjutan mereka, dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM yang mengintegrasikan prinsip keberlanjutan dalam strategi pemasaran mereka, seperti penggunaan platform e-commerce, media sosial, dan produk ramah lingkungan, dapat meningkatkan daya saing mereka di pasar domestik dan internasional. Digitalisasi secara efektif mampu membantu UMKM mencapai target konsumen yang lebih luas, memperkuat merek, dan memenuhi permintaan konsumen yang semakin sadar akan pentingnya keberlanjutan. Temuan ini memberikan pengetahuan bagi UMKM tentang pentingnya adaptasi terhadap era digital dan penerapan prinsip-prinsip keberlanjutan untuk meraih keberhasilan jangka panjang.
Keywords
Article Details
References
- Al Faraby, U., Utami, P. S., Darmadi, R. A., Yuliani, N. L., & Susanto, B. (2024). Analisis Determinan Keberlanjutan Usaha Balai Ekonomi Desa. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 3233–3243.
- Arianto, B., & Rani, R. (2024). Penguatan Bisnis Digital Berbasis Ekonomi Hijau bagi Pengembangan UMKM Desa Suka Indah Kabupaten Serang. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 442–449.
- Barus, D. R., Simamora, H. N., Sihombing, M. G. S., Panjaitan, J., & Saragih, L. S. (2023). Tantangan dan Strategi Pemasaran UMKM di Era Teknologi dan Digitalisasi. Journal of Creative Student Research, 1(6), 357–365.
- Chaffey, D., Ellis, C., & Fiona. (2015). E-business & e-commerce management: strategy, implementation and practice.
- Haque, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). Strategi pemasaran: Konsep, teori dan implementasi.
- Harto, B., Rukmana, A. Y., Sulistianingsih, S., Parlina, L., & Reniawati, D. (2024). Implementasi Transformasi Digital Sebagai Pendorong Efektivitas Green Marketing Untuk UMKM Desa Jayagiri Lembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 4(5).
- Hermawan, A., Hidayah, N., & Utami, P. S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Green Marketing, dan Experiental Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris pada Konsumen Kopi Lawoek Temanggung). Borobudur Management Review, 3(1), 46–61.
- Poerwanto, G. H., Kristia, K., & Pranatasari, F. D. (2019). Praktik model bisnis berkelanjutan pada komunitas UMKM di Yogyakarta. EXERO: Journal of Research in Business and Economics, 2(2), 183–204.
- Putri, D. L., Murniningsih, R., & Santosa, M. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Label Halal, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris UMKM Oleh-Oleh Getuk Eco Magelang). Borobudur Management Review, 2(2), 87–111. https://doi.org/10.31603/bmar.v2i2.7006
- Ramadhani, F. R., Lestari, P., & Supeno, S. (2018). Pengaruh Pendidikan Pemilik, Masa Memimpin, Umur Perusahaan, Pelatihan Akuntansi, Dan Ekspektasi Kinerja Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UKM Di Kabupaten Malang. SAR (Soedirman Accounting Review) : Journal of Accounting and Business, 3(1), 86–99. https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.sar.2018.3.1.1199
- Sebrina, N., Masdupi, E., & Syahrizal, S. (2024). Model Bisnis Berkelanjutan dan Isu Strategi Pengembangan Model Bisnis Berkelanjutan pada UKM: Tinjauan Literatur Sistematis. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(2), 1536–1554.
- Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM. Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118.
- Tiago, M. T. P. M. B., & Veríssimo, J. M. C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? Business Horizons, 57(6), 703–708.