Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian skincare Wardah, dengan studi kasus pada konsumen di Kabupaten Bengkayang. Wardah merupakan salah satu merek skincare lokal yang memiliki reputasi baik dan pangsa pasar yang luas di Indonesia. Dalam persaingan industri skincare yang semakin ketat, pemahaman terhadap faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen menjadi sangat penting untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli skincare Wardah di Kabupaten Bengkayang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 160 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, serta pengujian hipotesis melalui uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi (X1) berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian skincare Wardah. Persepsi harga (X2) juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Begitu pula dengan kualitas produk (X3), yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel tersebut memiliki peran penting dalam mendorong keputusan konsumen untuk membeli produk skincare Wardah.
Keywords
Article Details
References
- Forester, Brayen Jodi, Amna Idris, Abdallah Khater, Muhammad Win Afgani, Muhammad Isnaini, Universitas Islam, Negeri Raden, dan Fatah Palembang. 2024. “Penelitian Kuantitatif : Uji Reliabilitas Quantitative Research : Data Reliability Test.” 4(3):1812–20.
- Juhrotunnisa’. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Wardah Cosmetic Pada Empat Perguruan Tingggi Di Kabupaten Jember.” Manageable 2(1):1–11.
- Kurnia,Marlina, 2022 ”Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan Transaksi, Kualitas Informasi, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian, Produk Kecantikan secara Online pada Marketplace Shopee, Borobudur Management Review Journal Volume 2 (1) 24-40
- Magdalena, Riana dan Maria Angela Krisanti. 2019. “Pengujian Independent Sample T-Test di PT.Merck, Tbk.” Jurnal Tekno 16(2):35–48.
- Ph.D. Ummul Aiman, S. Pd. Dr. Karimuddin Abdullah S. HI. M. A. CIQnR Misbahul Jannah M. Pd., M. Pd. Zahara Fadilla Suryadin Hasda, M. Pd. I. Ns. Taqwin S. Kep. M.Kes. Masita, dan M. Pd. Ma. Ketut Ngurah Ardiawan M.Pd. Meilida Eka Sari. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif.
- Sanaky, Musrifah Mardiani. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah.” Jurnal Simetrik 11(1):432–39.
- Satria, Edia. 2023. “Brand Image , Persepsi Harga , DAN Kualitas Produk ( Studi Kasus Pada Toko Bangunan Berkah Desa Lempur Danau ).” Journal of Economic, Management, Business, and Accounting 4(2):1–11.
- Sehangunaung, Greissela A., Silvya L. Mandey, dan Ferdy Roring. 2023. “Analisis Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Aplikasi Lazada Di Kota Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 11(3):1–11.
- Sitorus, Onny Fitriana dan Novelia Utami. 2017. “Buku ajar strategi promosi penjualan.” Fkip Uhamka 309.
- Tahitu, Amelia, Alex Robert Tutuhatunewa, dan Vina Maria Fadirubun. 2024. “Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Gaya Kepemimpinan Lurah Milenial Di Kota Ambon.” Jurnal BADATI 6(1):53–72.
- Yaldi, Effiyaldi, Johni Paul Karolus Pasaribu, Eddy Suratno, Melani Kadar, Gunardi Gunardi, Ronald Naibaho, Selfi Kumara Hati, dan Vira Aryati Aryati. 2022. “Penerapan Uji Multikolinieritas Dalam Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia.” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE) 1(2):94–102.