Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Price Discount dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion sebagai mediator pada konsumen Alfamart di Kota Magelang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 105 orang, menggunakan data primer kuantitatif. Analisis dilakukan dengan Path Analysis memakai SmartPLS 3. Hasilnya, Price Discount berpengaruh positif pada Impulse Buying, sedangkan Store Atmosphere dan Positive Emotion tidak berpengaruh langsung. Namun, Price Discount dan Store Atmosphere berpengaruh positif pada Positive Emotion, tetapi Positive Emotion tidak memediasi pengaruh Price Discount maupun Store Atmosphere terhadap Impulse Buying.

Keywords

Price Discount Store Atmosphere Impulse Buying Positive Emotion

Article Details

References

    Al Maidah, E., & Sari, D. K. (2022). Pengaruh Price Discount, Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada Pengguna Brand ERIGO Apparel di Sidoarjo. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 19(2), 165.
    Amalia, O. N., Marsudi, M., & Andharini, S. N. (2021). The effect of store atmosphere on impulse buying mediating positive emotion: Case study of guardian’s customers at Olympic Garden Mall. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 1(01), 19–23.
    Arianty, N., & Purba, A. D. (2023). Store Atmosphere, Diskon Harga dan Impulse Buying: Peran Mediasi Positive Emotion dalam Konteks Pengalaman Belanja. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 24(2), 159–169.
    Bahwiyanti, J. (2021). Pengaruh Price Discount Dan Store Atmosphare Terhadap Impulse Buying Pada Dewi Mart Sultan Adam Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 7(3), 355–367.
    Bambang, B., Haji, S. A., & Damayanti, R. (2023). Pengaruh Price Discount Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Muara Mall Kota Ternate). Ekonis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 25(1).
    Fazrin, P. D., & Siregar, S. (2021). The Influence of Store Atmosphere Mediated by Positive Emotion on Impulse Buying. Almana: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(3), 365–373.
    Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi tesis dan disertasi ilmu manajemen.
    Hasanah, U., & Dinalestari Purbawati, S. E. (2024). Digitalisasi Akuntansi: Transformasi, Teknologi dan Tren. Jakad Media Publishing.
    Kotler. (2007). Manajemen Pemasaran: Vol. Jilid 1 (Edisi 12). PT Indeks.
    Kotler, & Keller. (2015). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Erlangga.
    Kusnawan, A., Diana, S., Andy, A., & Tjong, S. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Sains Manajemen, 5(2).
    Kusniawati, I. (2022). Analisis Pengaruh Hedonic Motive Dan Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Pull & Bear (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa). Jurnal Ekobis Dewantara, 5(1), 20–28.
    Larasati, K. L. D., & Yasa, N. N. K. (2021). The role of positive emotion in mediating the effect of price discount on impulse buying Indomaret customers in Denpasar city, Indonesia. European Journal of Management and Marketing Studies, 6(2).
    Latifatuddhukha, L. (2022). Pengaruh Shopping Lifestyle, Price Discount dan Positive Emotion terhadap Impulse Buying pada Online Shopp (Studi pada Mahasiswa di PPTQ Annasuchiyyah Desa Ngembalrejo Kecamatan Bae Kabupaten Kudus). Doctoral Dissertation, IAIN Kudus.
    Mardhiyah, A., & Safrin, F. A. (2021). Persaingan usaha warung tradisional dengan toko modern. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 91–99.
    Ma’ruf, H. (2006). Pemasaran Ritel. PT.Gramedia Pustaka Utama.
    Nurlie, R. M., Prihatiningrum, R. R. Y., & Rahmawati, E. (2021). Pengaruh Store Image, Store Athmosphere, dan Store Theatric terhadap Impulse Buying dengan Emosi Positif sebagai Variabel Mediasi pada Toko Princess Cosmetic Banjarmasin. Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 10(1), 26–36.
    Nurwahyuningsih, N. (2021). Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik, Insentif, Dan Komunikasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada Uptd Puskesmas Rowokele . (Doctoral Dissertation, Universitas Putra Bangsa).
    Peranginangin, J., & Romadlon, T. W. (2023). Pengaruh hedonic shopping motivation, quality of website, dan discount terhadap perilaku e-impulse buying dengan positive emotion sebagai variabel mediasi (studi kasus pada konsumen Shopee). Journal of Management and Social Sciences, 2(1), 142–160.
    Pratama, A. K. P., Ekowati, T., & Runanto, D. (2024a). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Armada Town Square Magelang). Volatilitas Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(3).
    Rismawati, R., & Pertiwi, I. F. P. (2022). Pengaruh Store Atmosphere, Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening. Social Science Studies, 2(3), 215–239.
    Sari, D. A. T., & Suryani, A. (2014). Pengaruh merchandising, promosi dan atmosfir toko terhadap impulse buying. (Doctoral Dissertation, Udayana University).
    Sekarrini, E. K. A. (2024). Pengaruh Shopping Lifestyle, Promosi, dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying KKV Store Tunjungan Plaza Surabaya. Bip’s Jurnal Bisnis Perspektif, 16(2), 137–151.
    Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
    Vannesse, M. K., Nanga, M., & Alvita, M. (2024). Pengaruh Atmosfer Toko Dan Promosi Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif Sebagai Variabel Mediasi. MASMAN Master Manajemen, 2(2), 8–16.
    Wardana, R. H., Barkah, B., Purmono, B. B., Fauzan, R., & Yakin, I. (2024). The mediating role of positive emotion in the influence of store atmosphere and price discount on impulse buying among hypermart customers in Indonesia. Jurnal Ekonomi, 13(01), 543–558.