Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi pengaruh financial technology (fintech) terhadap usaha konvensional di Muara Bungo. Dengan pendekatan kuantitatif, data diperoleh dari 50 pemilik usaha melalui kuesioner online yang dikumpulkan menggunakan purposive sampling. Analisis dilakukan secara deskriptif kuantitatif menggunakan SPSS. Variabel independen fintech diukur dari penggunaan platform pembayaran digital, peningkatan pendapatan, dan integrasi sistem keuangan digital. Variabel dependen adalah efisiensi operasional, pendapatan usaha, dan kepuasan pelanggan. Hasil menunjukkan fintech memberi dampak langsung signifikan terhadap efisiensi dan pendapatan usaha, serta dampak tidak langsung melalui integrasi keuangan digital yang memperkuat transformasi usaha. Temuan konsisten dengan studi sebelumnya yang menyatakan digitalisasi finansial meningkatkan efektivitas operasional UMKM. Studi ini diharapkan memberikan pedoman praktis bagi pelaku usaha di Muara Bungo untuk memaksimalkan fintech dalam meningkatkan daya saing usahanya di era digital.

Keywords

Financial Technology Usaha Konvensional Efisiensi Operasional Integrasi Keuangan Digital UMKM

Article Details

References

    Aisyah, N. et al. (2024) ‘Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Lingkungan Sosial, Locus of Control, dan Financial Technology terhadap Perilaku Keuangan’, UMMagelang Conference Series, 7, pp. 234–247. Available at: https://doi.org/10.31603/conference.12002.
    Aulia, A. N. E., & Arimurti, T. (2023). Peran Fintech Sebagai Literasi Keuangan Dalam Pemberdayaan Umkm (Studi Fenomenologi pada UMKM Pengguna Dompet Digital Shopeepay di Kabupaten Karawang). Jurnal Mutiara Akuntansi, 8(2), 45–54. https://doi.org/10.51544/jma.v8i2.3873
    Dewi, N. M. H. (2023). Pengaruh Financial Technology (Fintech) Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kecamatan Buleleng. Ekonomi, Keuangan …, 9(1), 105–111. https://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13680%0Ahttps://repo.undiksha.ac.id/13680/10/1617011010-Lampiran.pdf
    Farida, S. I., Prasetiyani, D., Safiih, A. R., Prasada, D., & Ismanto, B. (2020). Humanis Humanis. Abdi Masyarakat Humanis, 1(2), 127–135. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMH/article/view/4991
    Handayani, M., Jayadilaga, Y., Fitri, A. U., Rachman, D. A., Fajriah Istiqamah, N., Diah, T., Pratiwi, A. P., & Kas, R. (2023). Sosialisasi dan Pengenalan Aplikasi Pengolahan Data SPSS pada Mahasiswa Administrasi Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 24–32. https://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/jipm
    IBM, Garrison, G., Wakefield, R. L., & Kim, S. (2015). SPSS Statistics 28 Brief Guide. International Journal of Information Management, 35(4), 90. http://dx.doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2015.03.001%0Ahttps://www.ibm.com/docs/en/SSLVMB_28.0.0/pdf/IBM_SPSS_Statistics_Brief_Guide.pdf
    Keuangan, P. K., & Inklusi, D. A. N. (2025). Pengaruh keputusan keuangan, fintech, dan inklusi keuangan terhadap kinerja umkm. 07(02), 389–395.
    Latifah A, N., Herdiansyah, D., & Romdhona, N. (2023). MANAJEMEN ANALISIS DATA Pengolahan Data dengan SPSS. 1.
    OJK (2018) Snapshot Perbakan Syariah Indonesia Juni 2018. Jakarta.
    Pertiwi, R. B. P., Syarif, D., & Sajekti, T. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Hedonisme, Efikasi Diri Keuangan, Dan Pembayaran Fintech Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 4(2), 1116–1126. https://doi.org/10.47709/jebma.v4i2.4081
    Rahadi, D. R. (2021). FINANCIAL (Issue September).
    Rahayu, N. E., Ibrahim, R., Primasiwi, A., & Azis, A. (2025). Looking at the Financial Performance of MSMEs : Do Financial Literacy , Fintech Lending , and the Effectiveness of Digital Payment Affect ? Looking at the Financial Performance of MSMEs : Do Financial Literacy , Fintech Lending , and the Effectiveness of . January. https://doi.org/10.60036/jbm.v5i1.370
    Ranupadma, T. N. C., & Kurniawati, L. (2024). Influence of e-commerce, social media, financial technology (fintech) and lifestyle on the increase in consumer activity of students (study on students of the faculty of economics and business, universitas muhammadiyah surakarta). COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(3), 6074–6084.
    Rosida, A. M., & Nuryana, I. K. D. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan GOPAY Menggunakan Structural Equation Modeling ( Studi Kasus : Kota Surabaya ). 05(03), 28–36.
    Sriyono, S., Fadilah, N., Diansyah, R. N., & Teaningrum, R. Y. (2023). Persepsi Dan Pengaruh Kemudahan Fintech Dalam Pelayanan Kepuasan Pelanggan Yang Mendorong Akselerasi Kinerja Umkm Magelang. Jurnal Maneksi, 12(3), 682–687. https://doi.org/10.31959/jm.v12i3.1636
    Ummah, M. S. (2019). Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
    Utami, N. (2023). Analysis of the Use of Financial Technology and Financial Literacy Among MSMEs. Mbia, 22(1), 11–21. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i1.2217