Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Social Media Marketing dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian ulang produk skincare dalam negeri di Magelang, dengan kesadaran merek sebagai variabel mediasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan 112 responden yang merupakan pengguna skincare dalam negeri. Analisis data dilakukan menggunakan WarpPLS 4.0 untuk menguji model struktural dan pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. Selain itu, kesadaran merek terbukti berperan sebagai mediasi parsial dalam hubungan antara Social Media Marketing dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian ulang. Temuan ini memperkuat pentingnya strategi digital dan kepercayaan konsumen dalam membangun loyalitas terhadap produk skincare dalam negeri.
Article Details
References
-
Abd Razak, Noraznira, Najihah Hanisah Marmaya, Nur Melissa Muhammad Faisal Wee, Mohd Zaki Sadik, Joeaiza Juhari, & Hafiza Harun. 2021. “Protection Motivation Theory & Skincare Risks: The Role of Social Influence towards Purchasing Intentions of Local Cosmetic Products.” International Journal of Academic Research in Business & Social Sciences 11(11). doi:10.6007/ijarbss/v11-i11/11615.
Afina, Alya, Tri Widarmanti, Informasi Artikel, & Histori Artikel. 2022. “Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Scarlett Whitening.” ETNIK: Jurnal Ekonomi-Teknik 1(9):640–52.
Aisha, Novi, & Efri Kurnia. 2024. “Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Scarlett Whitening.” Al-Ihsan: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Syariah 02(01):3946.
Compas. 2023.“The Five Best-Selling Facial Care Brands in Indonesian e-Commerce.” https://compas.co.id/ article/top5-brand-perawatan-wajah/.
Ellitan, Lena, Laurencia Geraldine Dinda Harvina, & Robertus Sigit Haribowo Lukito. 2022. “The Effect of Social Media Marketing on Brand Image, Brand Trust, & Purchase Intention of Somethinc Skincare Products in Surabaya.” Journal of Entrepreneurship & Business 3(2):104–14. doi:10.24123/jeb.v3i2.4801.
Ferdin&, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen. 5th ed. Semarang.
Fuadi, Ali Akbar, Getruda Filumena Yulius, & Christian Haposan Pangaribuan. 2023. Relationships Between Korean Brand Ambassador, Price, & Product Quality to Customer Purchase Decision on Local Skincare Product. Vol. 3.
Gozali, & Latan. 2014. Partial Least Square Konsep, Metode, Dan Aplikasi Menggunakan Program WarpPLS 4.0. Badan Penerbit UNDIP.
H&ayani, Sri Niken. 2024.“Merek Lokal Berjaya! Boikot Mengubah Persaingan Global & Lokal Di Kecantikan Dan FMCG.”
Hantika, Sindi, Naili Farida, & &. Widiartanto. 2023. Pengaruh Kesadaran Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Pembelian Ulang (Studi Pada Konsumen Produk Merek Wardah Di Kota Semarang). Vol. 12.
Harini, Restu Widya, M. Agus Salim, & Afi Rachmat Slamet. 2024. “Pengaruh Kesadaran Merek, Kualitas Produk, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Pembelian Ulang (Studi Kasus Pada Konsumen Wardah Di Store Bravo Tulungagung).” E-Jurnal Riset Manajemen 13(01):3889–99.
Isrofa, Laili, & Kussudyarsana Kussudyarsana. 2024. “Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Niat Pembelian Ulang Dengan Brand Image Dan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Scarlett Whitening.” Jurnal Bina Bangsa Ekonomika 17(1):658–77. doi:10.46306/jbbe.v17i1.
Komari, Ana. 2023. “‘product Quality as a Mediating Variable in Repurchase Decisions: The Case of Indonesian Skincare Products.’” Innovative Marketing 19(3):123–33. doi:10.21511/im.19(3).2023.11.
Kurniasari, Renny, Eriska Triana Primayasari, & Yuniarty Yuniarty. 2022. “The Effect of Online Marketplace’ Specific Attributes & Neuroticism on Trust, E-Satisfaction & Local Skincare’ Repurchase Intention.” International Conference on Business & Industrial Research (ICBIR) 24–29. doi:https://doi.org/10.1109/ICBIR54589.2022.9786415.
Nathalia, Audrey, & Irma Satya Indriyanti. 2022. “Pengaruh Social Media Marketing Melalui Brand Awareness Dan E-Wom Terhadap Repurchase Intention Pada Konsumen Kosmetik Halal Sariayu Di Dki Jakarta.” E-JURNAL MANAJEMEN TSM 2(2):221–36.
Noviani, Ratih, Friskila Anugrah, Theresia Inggrid Manangka, & Yuniarty Yuniarty. 2022. “The Role of Social Media Marketing & Product Characteristics on Increasing Consumer Satisfaction & Korean Skincare Products Repurchase Intention in Indonesia.” 210–15. doi:https://doi.org/10.1109/ICBIR54589.2022.9786467.
Pamungkas, A., & Pramesti, D. A. (2021). Pengaruh Atmosfir Store, Brand Identity, Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Mediasi Minat Beli (Studi Empiris Pada Kedai Kopi Janji Jiwa). Borobudur Management Review, 1(1), 12–31. https://doi.org/10.31603/bmar.v1i1.5009
Sholihin, Mahfud, & D. R. 2021. Analisis SEM-PLS Dengan WarpPLS 7.0. Badan penerbit &I.
Sudaryanto, Sudaryanto, Jerry Courvisanos, Ivana Rosediana Dewi, Rusdiyanto Rusdiyanto, & Jiva Rendis Yuaris. 2022. “Determinants of Purchase Intention during COVID-19: A Case Study of Skincare Products in East Java.” Innovative Marketing 18(1):181–94. doi:10.21511/im.18(1).2022.15.
Wan Abd Hamid, Wan Nur Afiqah Binti, Muhammad Syahmi Bin Azahari, Noor Maisarah Binti Mohd Noor Azam, Nur Aimie Kamalia Binti Kamalrozaman, Nurdiyana Binti Che Kamal, Phoebe Cherng Fei Min, Vimala Davy G. Ramiah, Hee Sio Ching, & Isai Amutan Krishnan. 2021. “Customer Satisfaction on the Quality of Services of Local Skin Care Products.” Malaysian Journal of Social Sciences & Humanities (MJSSH) 6(11):442–53. doi:10.47405/mjssh.v6i11.1150.