Main Article Content
Abstract
Bisnis online semakin hari tumbuh semakin cepat dan semakin meluas. Karakteristik bisnis
online berbeda dengan bisnis konvesional, sehingga pengelolaannya berbeda. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan Sumber daya manusia yang terkait
rekrutmen dan seleksi pada salah satu bisnis Online, yaitu ―Go-jek‖. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang diarahkan untuk mengamati
gejala-gejala, fakta-fakta ataupun kejadian-kejadian secara akurat dan sistematis mengenai
sifat-sifat objek dan subjek penelitian serta menganalisa kebenarannya berdasarkan data yang
diperoleh. Untuk pengumpulan data digunakan teknik wawancara dan dokumentasi.
Pembahasannya dianalisis menggunakan interprestasi melalui hasil wawancara. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang, dimana semua informan merupakan driver Go-jek
Solo Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan rekrutmen dan kompensasi pada
Go-jek Solo Raya sudah berjalan dengan baik. Rekrutmen dilakukan dengan tahapan sebagai
berikut: Pertama, Menyebarkan pengumuman rekrutmen. Kedua, verifikasi dan
pemberitahuan melalui SMS. Ketiga, meninjau lamaran yang masuk. Sedangkan untuk
seleksi yang dilakukan oleh Go-jek Solo Raya adalah belum efektif karena seleksi yang
dilakukan hanya memverifikasi berkas persyaratan yang telah dibawa oleh calon driver saja.
Oleh sebab itu untuk mendapatkan driver yang lebih handal dan kapabel para pengelola Gojek
perlu mencari informasi dari sumber lain seperti media sosial untuk mengetahui sikap dan
perilaku para calon driver.