Main Article Content
Abstract
Sebagai lembaga keuangan, bank menyediakan berbagai jenis jasa keuangan sesuai kebutuhan masyarakat. Tingkat kesehatan bank merupakan indikator yang penting bagi semua pihak yang terkait, baik itu pemilik modal, masyarakat yang menggunakan jasa bank, maupun OJK selaku pemilik otoritas dalam mengawasi bank. Tingkat kesehatan bank dapat dinilai dari beberapa indikator. Salah satu indikator utama yang dapat dijadikan bahan penilaian adalah melalui laporan keuangan yang diterbitkan oleh bank yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan serta untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kesehatan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk tahun 2015-2019 dengan menggunakan metode CAMEL. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dengan penelitian bersifat deskriptif menggunakan data sekunder. Hasil penilaian kinerja keuangan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk pada tahun 2015-2019 dilihat dari aspek capital nilainya diatas 8%, sehingga PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mampu menyediakan dana untuk mengatasi resiko kerugian. Pada aspek management menunjukkan bahwa kemampuan manajemen PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dalam memperoleh laba mengalami inkonsistensi (kendala) pada tahun 2017 dan 2018 dengan hasil rasio NPM berada pada nilai 66%-81%. Selain itu dari aspek aset, earning dan liquidity yang dicapai oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia. Kemudian untuk hasil tingkat kesehatannya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk berada pada predikat sehat dikarenakan hasil rata-rata nilai CAMEL diatas 81%