Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dapat di terapkan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sido Makmur Sidodadi, Tempurejo. Analisis data yang digunakan adalah Matriks SWOT dan Matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan analisis dari matriks IFE memiliki total nilai skor sebesar 3,284. Total nilai skor faktor eksternal kunci pada Matriks EFE adalah sebesar 2,997. Pada Matriks IE (Internal Eksternal) Bumdes Toserba Sido Makmur Sidodadi terletak pada posisi kuadran IV berada pada tahap berkembang dan membangun. Pada posisi ini, Bumdes Toserba Sido Makmur Sidodadi, Tempurejo dimungkinkan melakukan strategi intensif seperti penetrasi pasar, pengembangan produk, atau strategi integratif yakni integrasi ke belakang, ke depan dan horizontal. Matriks SWOT menghasilkan beberapa alternatif strategi yang nantinya akan ditentukan daya tariknya pada matriks QSPM sehingga diketahui prioritas strategi yaitu melakukan mempertahankan promosi penjualan serta megembangkan advertising/iklan dan interaktif marketing dengan konsumen melalui media sosial seperti WA, FB, IG dengan total nilai daya tarik 6,861.