Strategi Peningkatan Kinerja Guru MTs. Ihyaul Ulum Ujung Pangkah Gresik Melalui Pelatihan, Motivasi dan Kepuasan Kerja

  • Suaibatul Aslamiyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sazsabilla Saffaanatuzaqiya Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Maulidyah Amalina Rizqi Universitas Muhammadiyah Gresik
Keywords: Teacher performance, Training, Motivation, Job Satisfaction

Abstract

Kinerja guru MTs. Ihyaul Ulum Ujung Pangkah, Gresik berdasarkan penilaian 3 (tiga) tahun terakhir tidak mengalami meningkatan yang signifikan, namun beberapa justru mengalami penurunan. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi peningkatan kinerja untuk tetap mempertahankan kualitas sekolah di tengah persaingan sekolah swasta di Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja guru di MTs. Ihyaul Ulum Ujung Pangkah Gresik melalui pelatihan, motivasi dan kepuasan kerja sebagai strategi meningkatkan daya saing dan mengatasi perubahan lingkungan yang semakin kompetif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi kasus dengan metode penelitian deskripstif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya strategi yang merupakan serangkaian keputusan dan tindakan manajerial melalui pemberian, pelatihan dengan pengajuan maupun pemberian tugas, motivasi melalui Universitas Muhammadiyah Magelang https://journal.unimma.ac.id 240 adanya rasa kebutuhan yang berusaha ditanamkan manajemen melalui ESQ dan kepuasan diri antara lain melalui kehadiran (absensi) dan produktivitas (karya), yang di berikan kepada guru sekolah, mampu memberikan dampak positif bagi peningkatan kinerja guru MTs. Ihyaul Ulum Ujung Pangkah, Gresik. Kesimpulannya yaitu untuk meningkatkan kinerja guru di MTs. Ihyaul Ulum Ujung Pangkah, Gresik maka dibutuhkan strategi dari manajemen untuk memberikan pelatihan, motivasi dan kepuasan kerja sesuai kebutuhan dari SDM sebagai aset yang berperan penting dalam kemajuan dari sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-23