Pengaruh Profesionalisme, Komitmen Organisasi, Sensitivitas Etika, Pertimbangan Etis, Personal Cost, Dan Reward Terhadap Intensi Internal Whistleblowing Guna Mencegah Kecurangan Akuntansi (Studi Empiris pada BPKAD Kota dan Kabupaten Magelang)

  • Gathfany Burhanudin Rabbany Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Wawan Sadtyo Nugroho Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: Profesionalisme, Komitmen Organisasi, Sensitivitas Etika, Pertimbangan Etis, Personal Cost, Reward, Intensi Internal Whistleblowing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh profesionalisme, komitmen organisasi, sensitivitas etika, pertimbangan etis, personal cost dan reward terhadap intensi internal whistleblowing guna untuk mencegah kecurangan akuntansi. Penelitian ini mengunakan theory planned of behavior sebagai teorinya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berdasarkan pada kuesioner yang dibagikan kepada ASN di BPKAD Kota dan Kabupaten Magelang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 82 responden. Analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji kualitas data terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas serta uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa personal cost berpengaruh negatif terhadap intensi internal whistleblowing, sedangkan profesionalisme, sensitivitas etika, pertimbangan etis dan reward tidak berpengaruh pada intensi internal whistleblowing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-28