Pengaruh GCG dan profitabilitas terhadap corporate social responsibility dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating

  • Zahara Rizki Setiawan Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Muljono Muljono Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: CSR, GCG, Profitability, Company Size

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh GCG dan Profitabilitas terhadap CSR dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Pengungkapan CSR menjadi begitu penting didalam tanggung jawan perusahaan yang luas, dengan begitu CSR berpijak pada triple bottom line (profit, people, planet). Populasi penelitian sebanyak 54 perusahaan dengan jumlah sampel sebanyak 19 perusahaan. Implikasi penelitian ini ketika pengungkapan CSR dapat berjalan dengan maksimal, dan perusahaan tetap konsisten dalam pengungkapan GCG dan pembuatan laporan keuanga perusahaan dalam keadaan surplus maupun minus. Metode analisis data menggunakan pooled data sebagai metode dalam proses analisis pengaruh CSR dalam jangka waktu tiga tahun pada beberapa perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan bahwa GCG dan Ukuran perusahaan berpengaruh terhadap CSR, sedangkan Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap CSR, dan Ukuran Perusahaan dapat memoderasi pengaruh antara CGC dan Profitabilitas. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-07