Membangun Loyalitas: Relationship Marketing dan Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional

  • Dina Lusianti
  • Agung Subono
  • Nurzahroh Lailyah
  • Keke Tamara Fahira
Keywords: Kepuasan, Hubungan Pemasaran, Loyalitas, Jaminan Kesehatan Nasional

Abstract

Jaminan kesehatan menjadi hal yang krusial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebagai penyelenggara, BPJS Kesehatan senantiasa membangun kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Pemasaran Relasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran relasional terhadap loyalitas peserta JKN. Dengan sampel sejumlah 125 responden, diperoleh hasil bahwa kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas peserta JKN. Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas peserta JKN. Kompetensi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas peserta JKN. Ditemukan pula bahwa kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas peserta JKN.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-30