Main Article Content

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa dampak tersendiri pada animo masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Beberapa perguruan tinggi mengalami penurunan jumlah mahasiswa baru. Aktivitas kemahasiswaan juga terkendala karena aturan untuk membatasi mobilitas dan menjaga jarak. Hal ini tentu berpengaruh pada pengembangan minat bakat mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh produk, harga, lokasi, promosi, dan word of mouth terhadap keputusan pemilihan perguruan tinggi. Penelitian ini juga bertujuan untuk merumuskan model pengembangan minat dan bakat mahasiswa sehingga dapat meningkatkan prestasi di tingkat nasional dan internasional. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah uji T. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi hasil focus group discussion. Pada uji parsial hanya variabel produk, promosi, dan word of mouth yang berpengaruh positif dan signifikan. Strategi pengembangan minat-bakat mahasiswa dapat ditempuh melalui beberapa tahap yaitu: pemetaan potensi mahasiswa dan inventarisasi lomba-lomba, bekerjasama dengan organisasi mahasiswa untuk penjaringan mahasiswa, penunjukan PIC dosen pendamping, pembentukan dan pembinaan komunitas, pengiriman lomba dan evaluasi program.

Keywords

Keputusan Pemilihan Minat Bakat

Article Details