Pengaruh Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Kedai Pesenkopi Jember)

  • Arina Robbyatul Maulida Universitas Muhammadiyah Jember
  • Trias Setyowati Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ira Puspitadewi S Universitas Muhammadiyah Jember
Keywords: Kualitas Pelayanan, Tangible, Empathy, Responsiveness, Reliability, Assurance, Store Atmosphere, Promosi, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan riset ini untuk menganalisis pengaruh aspek tangible (X1), empathy (X2), responsiveness (X3), reliability (X4), assurance (X5), store atmosphere (X6), dan promosi (X7) terhadap kepuasan pelanggan (Y) Kedai Pesenkopi Jember. Saat ini, bisnis kedai kopi merupakan bisnis yang menjanjikan.  Ada berbagai macam kedai kopi, dari kedai kopi kelas atas hingga kedai kopi kelas bawah. Kebiasaan orang Indonesia minum kopi sudah menjadi satu gaya hidup sosial. Banyak jenis pilihan tempat kopi di Jember yang membuat konsumen banyak pertimbangan untuk menikmati kopi di kedai kopi. Kedai Pesenkopi adalah "new player" dalam bisnis minuman kopi yang bersaing dengan brand bisnis mereka yang unik dan mudah dikenal oleh masyarakat sekitar. Kedai Pesenkopi Jember juga mengikuti perkembangan zaman dari tahun ke tahun menjadi tempat bersantai untuk anak-anak muda. Dengan menyajikan berbagai spot foto disetiap sisi ruangannya, yang menjadikan suasana toko semakin elegant serta meningkatkan gaya hidup anak-anak muda lebih hits/ kekinian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini terdiri dari pelanggan Kedai Pesenkopi Jember dan sampel sebanyak 100 individu beserta teknik pengambilan sampelnya menggunakan simple random sampling. Cara pengumpulan data dengan observasi dan kuesioner melalui Google Forms. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dan hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek tangible, responsiveness, assurance, store atmosphere dan promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara parsial. Variabel empathy dan reliability berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk menambahkan variabel yang pendukung untuk mengukur kepuasan pelanggan, seperti variabel harga, biaya dan emosi. Agar dapat memberi gambaran lengkap tentang faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-01