Pengaruh Harga, Citra Merek, dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk UMKM Kuliner (Studi Empiris UMKM Kuliner Di Kota Magelang)

  • Fatma Irmaliya Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Friztina Anisa Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: UMKM, Kuliner, Harga, Citra Merek, Promosi, Minat Beli

Abstract

UMKM Kuliner di Magelang sedang berkembang sangat pesat, banyaknya kuliner di sudut Kota Magelang memudahkan pelanggan bisa memilih beberapa kuliner yang diinginkan, banyakknya jenis kuliner yang khas Magelang ataupun yang biasa dijumpai di daerah manapun, Oleh karena itu dengan adanya persaingan yang sangat ketat peneliti ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh harga, citra merek, dan promosi terhadap minat beli. harga adalah nilai suatu barang yang dinyatakan dengan uang. Citra merek sangat mempengaruhi minat pembelian konsumen, dengan adanya kepercayaan merek akan menimbulkan minat beli oleh konsumen. Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan program pemasaran atau strategi pemasaran. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang pernah mencoba kuliner di Kota Magelang yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Menggunakan statistik Uji-F dan Uji-t. Untuk menguji model (goodness of fit) digunakan dengan hasil Nilai Asymp. Sig sebesar 000, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 ( 000< 0,05) maka dapat disimpulkan HO diterima. Artinya Harga, Citra Merek dan Promosi berpengaruh terhadap Minat Beli. Penelitian ini dinyatakan layak. Hasil Analisis hipotesis (Uji t) menunjukkan bahwa harga,citra merek, dan Promosi berpengaruh Positif. Maka disimpulkan Bahwa minat beli produk UMKM kuliner di Kota Magelang secara positif dipenggaruhi oleh harga, citra merek, dan promosi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-04