Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi guru terhadap minat belajar siswa dengan komitmen afektif profesi pada guru SMK Negri di Kabupaten. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan skala likert sebagai alat untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian ini digunakan statistik korelasi product moment dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows. Hasil analisis data dengan metode analisis product moment pearson menunjukkan koefisiensi korelasi antara variabel persepsi terhadap minat belajar dengan komitmen afektif organisasi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap minat belajar dengan komitmen afektif terhadap organisasi yang ditunjukkan oleh angka koefisisen korelasi r = 0,370 dengan peluang kesalahan p = 0,010 (p < 0,01). Tidak adanya tanda negatif pada skor korelasi tersebut menunjukkan bahwa makin positif persepsi guru terhadap minat belajar siswa maka akan semakin tinggi pula komitmen afektif terhadap organisasi yang ditunjukkan para guru. Berdasarkan  hasil perhitungan yang telah dilakukan, didapat bahwa sumbangan efektif (R Squared) adalah sebesar 13,7%. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap minat belajar siswa memberikan kontribusi sebesar 13,7% terhadap komitmen afektif organisasi pada guru.

Keywords

persepsi minat belajar afektif organisasi

Article Details

References

    Azwar, Saifuddin. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: PustakaPelajar.
    Azwar, Saifuddin. (2013). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: PustakaPelajar.
    Bytyqi, Fisnik. (2010). “Work Stress, Job Satisfaction and Organizational Commitment among Public Employees before Privatization”. European Journal of Social Sciences. Volume 18, Number 1, 2010.
    Churiyah, Madziatul. (2011). “Pengaruh Konflik Peran, Kelelahan Emosional terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen organisasi”. Jurnal Ekonomi Bisnis, TH. 16. No. 2, Juli 2011.
    Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
    Feldman, Robert, S. (1999). Psychology, 7th-ed. Boston-USA: McGraww-HillBook Co.
    Gibson, James, L. (1987). Organisasi Dan Manajemen: Perilaku, Struktur,Proses. Jakarta: Binarupa Aksara.
    Greenberg, Jerald dan Robert A. Baron. (2003). “Behaviour in Organizations, Understanding and Managing The Human Side of Work”. Third Edition. Allin and Bacon. A Division of Schuster. Massachuscets
    Ivancevich, Konopaske, Matteson. (2004). Organizational Behavior and Management. New York: McGGraw Hill.
    Kusumastuti & Nurtjahjanti. (2013). “Komitmen Afektif Organisasi Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Kepemimpinan Transaksional Pada Pekerja Pelaksana Di Perusahaan Umum (PERUM) X Semarang”. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi UNDIP. Vol. 10, No. 1, Januari 2013.
    Levy, E.P. (2006). Industrial/Organizational Psychology. New York : Houghton Mifflin Company.
    Mayer & Allen. (1997). “The Measurement and Antecedents of Affective, Continuance, and Normative Commitment to The Organization”. Journal of Occupational Psychology, 63, 1-18.
    Meyer, J.P. & Herscovitch, L. (2001). “Commitment in the Workplace : TowardGeneral Model”. Human Resource Management Review, 11, 299-326.
    McDowwel, M & Newel, C. (1996). Measuring Health A Guide to Rating Scales and Questionnaires (second edition). New York : Oxford University Press.
    Oktaviani dan Indrawati. (2014). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi pada Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan di CV Wali Sukses Mandiri”. Naskah Publikasi. hal. 2983-2986 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali.
    Rohman, F & Mandayanti, N. (2012). “Pengaruh Pemberdayaan Psikologis dan Komitmen Afektif terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai”. Jurnal Aplikasi Manajemen UBM Vol. 10, No. 1, Maret 2012.
    Robbins, Stephen P. (1998). “Organization Behavior, Concepts, Controvercies, Application” seventh edition, Englewood Cliffs.

    Sugiyono.(2007). Metode Penelitian pedidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
    Sunaryo. (2004). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC,
    Walgito, B. (2004). PengantarPsikologiUmum. Yogyakarta :Andi Offset.