Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model permainan motorik kasar bagi siswa Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R & D) dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall (1983: 775) dengan tahapan: (1) studi pendahuluan, (2) analisis hasil studi pendahuluan, (3) mengembangkan produk awal (4) pra ujicoba produk dan revisi, (5) ujicoba skala kecil dan revisi, (6) ujicoba skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Hasil penelitian ini berupa model permainan motorik bagi siswa taman kanak-kanak, yang terdiri dari lima permainan, yaitu: (1) permainan menanam biji tanaman, (2) permainan pindah bendera, (3) permainan lempar sasaran, (4) permainan tendangan super, (5) permainan harimau mencari mangsa. Permainan-permainan tersebut disusun sesuai panduan kurikulum TK 2010, sesuai dengan karakteristik siswa TK; membuat anak gembira serta mudah dilakukan.

Keywords

pembelajaran, model permainan motorik, anak taman kanak-kanak

Article Details

References

    Berk, L. E. (2007). Development through the lifespan. New York: Pearson Education, Inc.
    Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Education research: an introduction fourth edition. New York: Longman.
    Depdiknas. (2005). Kurikulum 2004: standar kompetensi taman kanak-kanak dan raudlatul athfal. Jakarta: Depdikbud.
    Direktorat PAUD. (2004). Bahan pelatihan: lebih jauh tentang sentra dan saat lingkaran. Jakarta: Depdiknas.
    Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (1998). Understansing motor development infants, children, adolescent, adult. Singapore: McGraw-Hill.
    Hurlock, H. (1978). Perkembangan anak jilid I diterjemahkan oleh Meitasari Tjandrasa dan Muchlichan Zarkasih. New York: McGraw-Hill.
    Nawawi, H. & Hadari, M. (2006). Instrumen penelitian bidang sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.