Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Keberagamaan Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini meliputi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 27 siswa teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan stratified  proportional  random. Pengumpulan data diperoleh dengan cara angket/kuesioner, sedangkan untuk menganalisis data dilakukan dengan  analisis kuantitatif dengan statistik. Untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan  Keluarga dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Keberagamaan Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis deskriptif dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Lingkungan keluarga berada pada kategori baik (rata-rata  =  48%); (2) Pergaulan teman sebaya berada pada kategori sangat baik (rata-rata 41%); dan (3) Perilaku keberagamaan berada dalam kategori sangat baik  (rata-rata 70%). Hasil analisis regresi berganda menunjukkan (4) Tidak ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap perilaku keberagamaan siswa,  koefisien uji t variabel lingkungan keluarga 0,607 < 2,05 taraf signifikan 5%  nilai t tabel, probabilitas 0,550 > 0,05; (5) Ada pengaruh teman sebaya terhadap perilaku keberagamaan siswa,  koefisien uji t variabel teman sebaya 3,436 > 2,05 taraf signifikan 5%  nilai t tabel, probabilitas 0,002  > 0,05; dan (6) Ada pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya secara bersama-sama terhadap perilaku keberagamaan siswa dengan perolehan F = 10.010 dengan    probabilitas  0,001 <  0,05;  Koefisien  determinasi  0,455 mengandung  pengertian  bahwa  pengaruh  lingkungan keluarga  dan teman sebaya terhadap perilaku keberagamaan siswa  adalah  sebesar  40,5%. Sedangkan  54,5% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diketahui.

Keywords

Lingkungan Keluarga Teman Sebaya Perilaku Keberagamaan

Article Details