Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Logical Mathematics Intelligence dan Implementasi Strategi Pembelajaran dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Di MI Daarussalam Candisari. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di MI Daarussalam Candisari sebanyak 27 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah survey research. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket, dan evaluasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan komputer program SPSS16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa logical mathematics intelligence siswa kelas IV di MI Daarussalam Candisari dalam kategori rata-rata. Hal tersebut berdasarkan nilai tes IQ mengenai logical mathematics intelligence dalam kategori rata-rata mecapai 92,6%. Implementasi strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru matematika kelas IV lebih mengarah pada strategi pembelajaran berbasis masalah. Hal itu nampak pada kategori pembelajaran tersebut mencapai 26%. Hasil belajar matematika siswa tergolong dalam kategori lebih dari cukup. Hal itu nampak pada kategori lebih dari cukup mencapai 66.7%. Berdasarkan analisis data menunjukkan adanya hubungan antara logical mathematics intelligence dengan hasil belajar matematika siswa dengan hasil analisis korelasi diperoleh r = 0.812 dan signifikansi 0.00< 0,05 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan hubungan antara implementasi strategi pembelajaran dengan hasil belajar matematika siswa dengan hasil analisis korelasi diperoleh r =0,844 dan signifikansi0.00< 0.05 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun hubungan antara logical mathematics intelligence dan implementasi strategi pembelajaran dengan hasil belajar matematika siswa dengan hasil analisis korelasi ganda diperoleh R = 0.936, R² = 0.876 dan signifikansi 0.00< 0.05. Besarnya sumbangan efektif yang dihasilkan dari logical mathematics intelligence dan implementasi strategi pembelajaran dengan hasil belajar matematika siswa sebesar 87.6%. Sedangkan sisanya 12.4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis teliti.

Keywords

Logical mathematics inttelligence Strategi Pembelajaran Hasil Belajar Matematika

Article Details