Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari praktik pendidikan di SMPN 1 Purwakarta menggunakan pendekatan fenomenologis, dengan fokus pada penerapan pedagogi kritis. Penelitian ini didasarkan pada dominasi metode pengajaran konvensional yang non-dialogis dan rendahnya kesadaran sosial dan kritis siswa. Metode kualitatif digunakan untuk mengeksplorasi pengalaman hidup guru dan siswa melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan penelitian mengungkapkan berbagai tantangan dalam penerapan pendidikan kritis, seperti keterbatasan akses teknologi, kurangnya pelatihan profesional bagi guru, dan budaya sekolah yang otoriter. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi inisiatif-inisiatif yang menjanjikan dari guru-guru muda yang mulai mengadopsi strategi pengajaran reflektif dan partisipatif. Analisis menunjukkan adanya kesenjangan yang signifikan antara kebijakan pendidikan nasional dan praktik di tingkat kelas. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan model pendidikan yang lebih kontekstual dan transformatif. Rekomendasi yang diberikan meliputi penguatan kapasitas guru dan penyusunan kebijakan berdasarkan kebutuhan nyata sekolah. Secara keseluruhan, penelitian ini menyoroti pentingnya evaluasi pendidikan yang dihapus pada pengalaman autentik para peserta didik yang terlibat dalam proses pembelajaran.


Kata kunci: pedagogi kritis, fenomenologi, guru, siswa, SMPN 1 Purwakarta, evaluasi pendidikan.

Keywords

critical pedagogy phenomenology case study

Article Details

References

  1. Adiati, G. (2023). Digital Literacy in Post-Pandemic Project Based Learning at Sekolah Kembang Jakarta. Wacana: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 26(2), 111–123. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/1503
  2. Adib, M. A. (2024). Perspektif Baru dalam Pendidikan: Landasan Sosiologis dan Kultural sebagai Inovasi Edukatif. SERUMPUN: Journal of Education, Politic, and Social Humaniora, 2(1), 47-58.
  3. Afifah, R., Nurjaman, U., & Fatkhulloh, F. K. (2022). Implementasi visi pendidikan berbasis agama, filsafat, psikologi, dan sosiologi di lembaga pendidikan Islam. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(3), 936-950.
  4. Agustina, D. A., & A’yun, D. Q. (2024). FILSAFAT PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI LUHUR. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(1), 120-130.
  5. Asman, A. (2022). Birokratisasi Pendidikan dan Resistensi terhadap Inovasi Kurikulum. Jurnal Sosiologi Pendidikan Indonesia, 14(2), 130–144. https://doi.org/10.26877/jsopi.v14i2.27645
  6. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
  7. Fitri, R. A., Setiana, E., Pribadi, I. N., & Andikos, A. F. (2024). The success of project-based learning with technology. TOFEDU. https://doi.org/10.61445/tofedu.v3i5.319
  8. Freire, P. (2011). Pedagogy of the Oppressed. Herder and Herder.
  9. Heriyanto, R., Nugroho, S., & Wulandari, L. (2024). Evaluasi Penerapan Pembelajaran Kritis di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 29(1), 33–45. https://doi.org/10.21009/jpp.2024.291.033
  10. Heriyanto, R., Wulandari, S., & Prabowo, A. (2024). Peran Guru dalam Mendorong Kesadaran Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 29(1), 56–70. https://doi.org/10.21009/jpp.291.05
  11. Ilyasir, F. (2017). Pengembangan Pendidikan Islam Integratif di Indonesia; Kajian Filosofis dan Metode Implementasi. LITERASI: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 36-47.
  12. Junaid, H. (2012). Sumber, Azas Dan Landasan Pendidikan (Kajian Fungsionalisasi secara makro dan mikro terhadap rumusan kebijakan pendidikan nasional). Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 7(2), 84-102.
  13. Kurniawan, D., Masitoh, S., & Bachri, B. S. (2024). Digital project-based blended learning improves critical thinking. Journal of Ecohumanism. https://doi.org/10.62754/joe.v3i8.4847
  14. Masnah, S., Prasetyo, A., & Latifah, I. (2023). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Studi Kualitatif di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 16(3), 201–215. https://doi.org/10.23887/jipi.v16i3.23213
  15. Marlina, E. H., & Nugraha, M. S. (2025). Landasan Filosofis dalam Kebijakan Pendidikan Islam: Perspektif Epistemologis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(1), 4500-4514.
  16. Marlina, E. H., & Nugraha, M. S. (2025). Landasan Filosofis dalam Kebijakan Pendidikan Islam: Perspektif Epistemologis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(1), 4500-4514.
  17. Moustakas, C. (1994). Phenomenological Research Methods. SAGE Publications.
  18. Ningsih, L., & Pratama, A. (2022). Critical pedagogy in community school contexts. Jurnal Sosial Humaniora.
  19. Panjaitan, D., Ramadhani, R., & Utami, Y. (2024). Analisis Literasi Digital dan Kesiapan Kerja Siswa SMK di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Vokasi Dan Teknologi, 12(1), 23–35. https://doi.org/10.23887/jvt.v12i1.25630
  20. Panjaitan, R., Wijaya, D., & Anggraini, S. (2024). Literasi Digital dan Kesadaran Sosial sebagai Prediktor Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Vokasi Dan Teknologi, 12(2), 89–98. https://doi.org/10.31294/jvt.v12i2.45331
  21. Purwaningrum, H., Fauziah, N., & Kurniawati, A. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek Sosial dan Pengembangan Kepekaan Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 204–218. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i3.43210
  22. Santoso, B. (2021). Paradigma Baru Pendidikan: Mengintegrasikan Kognisi, Afeksi, dan Psikomotorik. Jurnal Filsafat Pendidikan, 19(2), 120–130. https://doi.org/10.21831/jfp.v19i2.9876
  23. Siswanto, A. H. (2023). Analisis Kritis Aksiologi Pendidikan Nasional Antara Filsafat Pendidikan Islam vs Nilai-Nilai Pancasila. Sirajuddin: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 2(2), 103-116.
  24. Sobon, R., & Astari, M. (2024). Kegagalan Implementasi Pembelajaran Partisipatif di Sekolah Negeri. Jurnal Pendidikan Progresif, 15(1), 59–70. https://doi.org/10.23960/jpp.v15i1.5970
  25. Stake, R. E. (2017). The Art of Case Study Research. SAGE Publications.
  26. Sukarno, Y., & Pratiwi, U. (2022). PBL through digital printing fosters innovation. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v6i3.46164
  27. Wahyuni, S. (2023). Persepsi guru muda terhadap pendidikan kritis. Jurnal Pendidikan Progresif.

Most read articles by the same author(s)