Main Article Content
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah sekolah dasar memiliki peran penting dalam membentuk dasar kemampuan berbahasa siswa. Namun, metode pembelajaran konvensional sering kali kurang efektif karena tidak sesuai dengan karakteristik anak usia dini yang cenderung aktif dan menyukai kegiatan bermain. Penelitian atau kajian ini bertujuan untuk menggambarkan manfaat dan efektivitas penggunaan permainan edukatif sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah. Permainan edukatif mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan motivasi siswa, serta melatih keterampilan berbahasa secara menyeluruh, baik menyimak, berbicara, membaca, maupun menulis. Selain itu, permainan juga mendorong perkembangan keterampilan sosial dan emosional siswa melalui interaksi dan kerja sama dalam kegiatan belajar. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa integrasi permainan edukatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah tidak hanya membuat siswa lebih aktif dan terlibat, tetapi juga meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi. Oleh karena itu, pendekatan ini perlu didukung dan dikembangkan secara berkelanjutan oleh guru dan sekolah.
Article Details
References
-
Aprillia, D., Bahtiar, R. S., & Santoso, E. (2025). Penerapan TGT Menggunakan Educaplay dalam Upaya Meningkatakan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Science and Education Research, 4(1), 9-13.
Cahyawati, R. S., Najichah, A. F., & Kustriyono, E. (2024). A Eduwisata sebagai Alternatif Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (Eksploitasi Taman Pandan Arum Boyolali). Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1), 45-60.
Diharjo, W. (2020). Game Edukasi Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Fisher Yates Shuffle Pada Genre Puzzle Game. INTEGER: Journal of Information Technology, 5(2), 23–35. https://doi.org/10.31284/j.integer.2020.v5i2.1171
Fatimah, S., Abror, M., & Zuhdi, R. (2025). Pengaruh Permainan Edukatif pada Penguasaan Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(3), 1793-1801.
Firdaus, A. N., & Ghonim, M. I. (2023). Pengaruh penggunaan media berbasis permainan edukatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. J-SES: Journal of Science, Education and Studies, 2(3).
Khasanah, S. N., Hendracipta, N., & Andriana, E. (2023). Pengembangan Media Permainan Edukatif Jenga Pintar (Jetar) Tema Ekosistem Untuk Meningatkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 15(2), 213-230.
Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika dan Strategi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7933
Latunussa, A. G. (2022). Pengembangan Aplikasi Edukasi Literasi Asik “LASIK” Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar Inklusif (Doctoral dissertation).
Ningsi, F., & Kurniawati, F. (2024). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Literasi Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Rada. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 5(1), 18-25.
Puspitasari, R., & Sesanti, N. R. (2024, October). Penerapan media pembelajaran berbantuan Educaplay untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas 4 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Pisangcandi 1 Malang. In Seminar Nasional Dan Prosiding PPG Unikama (Vol. 1, No. 2, pp. 949-955).
Puspitoningrum, E., Romadhianti, R., Irawan, D., Solissa, E. M., & Kurniawan, D. R. (2024). Efektivitas penggunaan permainan edukatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa indonesia di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 459-468.
Qia, S. Z. (2025). Meningkatkan Pemahaman Bahasa Indonesia Melalui Metode Edukatif dan Interaktif di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 4(7), 4266-4273.
Rambe, T. H. (2023). Pengaruh Pengarahan Instrumen Pembelajaran Model Permainan Edukatif oleh Kepala Sekolah Bagi Pengembangan Inovatif Guru Dalam Mengajar Bahasa Indonesia di SDN 066047 Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan. Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional (JIPNAS), 1(1), 45–50. https://doi.org/10.59435/jipnas.v1i1.52
Rohmatun, S., Alatas, M. A., & Susanti, A. I. (2025). Edugamifikasi: Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Berbahasa Siswa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 349-366.
Salsabila, K., Wahyudi, Z. Z., & Khairiyah, N. (2023). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Educandy Jenjang MI/SD. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(3), 42-48.
Sari, R. K., Mudjiran, M., Fitria, Y., & Irsyad, I. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Berbantuan Permainan Edukatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5593–5600. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1735
Suruambo, J., Alim, J., & Indrawan, Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Permainan Kata Berantai dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(3), 347-359.
Ubaidillah, M. I., Masripah, M., & Holis, A. (2025). Kemampuan menyimak sebagai pondasi pengembangan keterampilan berbahasa siswa kelas rendah pada mata pelajaran bahasa indonesia. Jurnal pendidikan dan pembelajaran indonesia (JPPI), 5(1), 439-448.
Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027–1038. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835
Zulfa, R. A. A., & Utami, H. T. (2021). Upaya Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Lagu dan Permainan Edukatif pada Siswa SD Negeri Nusamangir. Journal of Education and Teaching, 3(1), 51–59. https://doi.org/10.24014/jete.v3i1.14512