Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas pada pelajaran matematika SMPN 1 Banjarnegara kelas IX A tahun pelajaran 2021/2022 ini merupakan upaya meningkatkan prestasi belajar dan karakter siswa melalui pembelajaran tipe TPS berbantuan media benda konkrit materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (BRSL). Subjek penelitian ini siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Banjarnegara semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 14 siswa putra dan 18 siswa putri. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan data pretes, postes prestasi belajar dan data karakter siswa berupa angket karakter dipadu jurnal pengamatan untuk mengukur ketepatan sikap yang diukur dalam pembelajaran materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung. Kriteria keberhasilan prestasi belajar memenuhi KKM71 sejumlah 85% siswa, namun jika ada siswa yang belum memenuhi yang belum tuntas akan dicoba dilanjutkan siklus berikutnya dan rata-rata kelas 80. Kriteria keberhasilan karakter siswa memenuhi nilai lebih besar 67 atau kriteria tinggi sejumlah 85% siswa, namun jika ada siswa yang belum memenuhi yang belum memenuhi kriteria tinggi akan dicoba lagi dilanjutkan siklus berikutnya dan rata-rata kelas 80. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini menunjukan bahwa melalui pembelajaran tipe TPS berbantuan media benda konkrit, baik prestasi belajar maupun karakter siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Capaian hasil peningkatan berdasar data prestasi: nilai rata-rata kelas siklus-I sebesar 80,84% dan tuntas kritria nilai 71 sebanyak 28 siswa atau 87,5% siswa. nilai rata-rata kelas siklus-II sebesar 84,44% dan tuntas kritria nilai 71 sebanyak 32 siswa atau 100% siswa. Capaian hasil peningkatan karakter berdasar data karakter siswa: nilai rata-rata kelas siklus-I sebesar 85,41% dan tuntas kritria nilai 71 sebanyak 28 siswa atau 87,5% siswa. nilai rata-rata kelas siklus-II sebesar 86,59% dan tuntas kritria nilai 71 sebanyak 32 siswa atau 100% siswa.

Article Details