Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar materi dimensi tiga dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) siswa kelas XII IPS 2 SMAN 4 Magelang. Proses pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif tipe NHT serta meningkatkan belajar siswa agar siswa tidak jenuh dan tidak membosankan serta menegangkan dalam belajar Matematika. Model penelitian yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dikembangkan oleh Kagem dan Ibrahim.Penelitian ini dijalankan di SMA Negeri 4 Magelang Kota Magelang tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 2 dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa, diantaranya terdapat 16 siswa putra dan 18 siswa putri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan dokumentasi, observasi, tes dan wawancara.Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Siklus I dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together)pada materi dimensi tiga dan siklus II dilaksanakan dengan menyelesaikan soal-soal dimensi tiga, guru memberikan apermasi kepada siswa secara tanya jawab tentang materi dimensi tiga yang sudah dipelajari sebelumnya. Melalui kedua siklus tersebut, hasil belajar siswa kelas XII IPS 2 pada materi dimensi tiga dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di SMA Negeri 4 Magelang tahun pelajaran 2022/2023 mengalami peningkatan dari rerata kondisi awal sampai dengan siklus II adalah 77,94 menjadi 87,15. Dengan penerapan metode pembelajaran Kooperatif Tipe NHT prestasi belajar siswa meningkat secara signifikan, siswa berfikir lebih kritis dan juga pemahaman konsep siswa meningkat. Dengan begitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat dijadikan sebagai salah satu referensi model pembelajaran pada materi dimensi tiga kelas XII.