Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn kelas IV melalui model Problem Based Learning dengan media Audio Visual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian yang digunakan adalah model siklus Suharsimi Arikunto. Penelitian ini dilakukan di SDN Cacaban 6 Kota Magelang Tahun Pelajaran 2021-2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 23 siswa, yang teridiri 11 siswa putra dan 12 siswa putri. Metode pengumpulan data yang digunakan ada;ah dengan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pembelajaran meningkat. Dibuktikan dengan peningkatan keterampilan guru pada siklus 1 memperoleh skor 26 kategori baik, siklus 2 memperoleh skor 32 kategori sangat baik, siklus 3 memperoleh skor 38 kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus 1 memperoleh skor 308 kategori cukup, siklus 2 memperoleh skor 414 kategori baik, dan siklus 3 memperoleh skor 378 kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai persentase 61%, siklus 2 mencapai 74%, dan siklus 3 mencapai 91%. Dari uraian peningkatan tersebut, Model Problem Based Learning dengan media Audio visual dapat dijadikan salah satu referensi model pembelajaran PKn materi Hak dan Kewajiban Manusia.

Article Details