Main Article Content
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah model pembelajaran Model Based Leaning dengan Media Laporan SPT Pajak Tahunan t) Pajak dapat meningkatkan prestasi belajar Ekonomi pada konsep Pajak pada kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Magelang? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam belajar Ekonomi pada konsep Pajak kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Magelang. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Magelang. .Subjek penelitian berjumlah 31 siswa yang berada di kelas XI MIPA 5 dengan pertimbangan prestasi belajar siswa di kelas tersebut rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Sebelum instrument tesprestasi digunakan, dilakukan uji coba untuk melihat validitas dan reliabilitasnya. Hasil perhitungan memperlihatkan bahwa angket minat dan tes prestasi valid dan reliable untuk dipakai mengumpulkan data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan, bahwa: (1) Pembelajaran Ekonomi dengan mempergunakan model Model Problem Based Learning dengan Media Laporan SPT Pajak dapat meningkatkan (1)Pembelajaran Ekonomi model Model Problem Based Learning dengan Media Laporan SPT Pajak Tahunan meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi (2) Tindakan yang diberikan dalam bentuk tugas merangkum dan menjawab soal melalui Model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerja sama di dalam kelompok dan menjadikan pembelajaran lebih berpusat kepada siswa, (4) Tindakan yang berupa pemberian tugas menjawab soal-soal yang sudah dibahas melalui contoh perhitungan pajak yang harus dibayar dalam SPT Pajak Tahunan meningkatkan kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat secara lisan di depan umum. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Model Problem Based Learning Media Laporan SPT Pajak Tahunan dapat dipakai untuk meningkatkan prestasi siswa dalam belajar Ekonomi.