Main Article Content

Abstract

Abstrak


Organisasi merupakan suatu wadah bagi orang-orang untuk berkumpul dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Ada beberapa permasalahan yang ada di PT. Petrogas Prima Services yaitu adanya ketidaksesuaian dari segi kualitas produk, kuantitas produk dan ketepatan waktu dalam produktivas tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan, untuk mengetahui indikator yang paling dominan dari kinerja karyawan dan untuk mengetahui strategi perbaikan dari indikator kinerja karyawan. Metode yang digunakan adalah analisis regresi dan Analitycal Hierarchy Process. Hasil pengujian hipotesis telah membuktikan terdapat adanya hubungan antara budaya organisasi dengan kinerja karyawan, dari perhitungan yang diperoleh nilai R square 0,594 atau 59,4%. Dengan uji Analitycal Hierarchy Process terhadap kinerja karyawan dengan tiga kriteria dan sembilan sub kriteria maka hasil uji Analitycal Hierarchy Process kriteria indikator yang paling dominan adalah kualitas dengan nilai pembobotan 0,413 sedangkan dari subkriteria kualitas nilai pembobotan 0,532, subkriteria kuantitas nilai pembobotan 0,397 dan subkriteria dengan nilai pembobotan 0,373.Usulan strategi diadakannya pelatihan untuk meningkatkan keterampilan karyawan di PT. Petrogas Prima Services Magelang. (Arial Unicode MS 9 pt, 1.0 space, spacing after 6pt)


 

Keywords

Budaya Organisasi; Kinerja Karyawan; Regresi; Analitycal Hierarchy Process

Article Details

References

  1. Khairizah, A., Noor, I., Suprapto, A., Publik, J. A., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang ). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 3(7), 1268–1272.
  2. Lina, D. (2014). Analisis pengaruh kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai dengan sistem. Jurnal Riset Akutansi Dan Bisnis, 14(1), 77–97.
  3. Lumenta, M. E., Sepang, J. L., & Tawas, H. N. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1).
  4. Maramis, E. (2013). Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Motivasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 955–964.
  5. Muis, M. R., Jufrizen, J., & Fahmi, M. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah, 1(1), 9–25.
  6. Novitasari, D., Haque, M. G., Supriatna, H., Asbari, M., & Purwanto, A. (2021). Understanding the Links between Charismatic Leadership , Intrinsic Motivation and Tacit Knowledge Sharing among MSME Employees. Internatonal Journal of Social and Management Studies (IJOSMAS), 02(03), 1–13.
  7. Tintami, L., Pradhanawati, A., & Susanto, H. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Disiplin Kerja Pada Karyawan Harian SKT Megawon II PT. Djarum Kudus. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2), 1–8.
  8. Usmany, T. P., Hamid, D., & Utami, H. N. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Komitmen Organisasional dan Kinerja karyawan ( Studi pada Karyawan Pabrik Gondorukem dan Terpentin Sukun Perum Perhutani Kesatuan Bisnis Mandiri Industri Gondorukem dan Terpentin II, Ponorogo). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 38–44.