Main Article Content

Abstract

Gas buang mesin diesel merupakan salah satu penyebab terjadinya pemanasan global. Kandungan gas buang ini diantarnya opacity yang berasal dari polutan warna hitam. Unsur karbon dari pembakaran mesin diesel yang ada dalam opacity sangat berbahaya bagi lingkungan. Untuk itu, opacity hasil pembakaran mesin diesel perlu dikendalikan. Metode pengendalian ini diantaranya dengan melakukan pengukuran gas buang menggunakan opacity meter test bench. Harga sangat mahal, tidak praktis dan memerlukan tempat khusus merupakan kelemahan dari opacity meter test bench. Oleh karena itu, Penelitian ini mengusulkan pengembangan opacity meter berdasarkan digital image processing. Kelebihan alat yang dikembangkan memiliki harga cukup terjangkau, praktis dan proses pengolahan dapat dilakukan secara online. Alat ini bekerja berdasarkan perbedaan warna pada gas buang. Kamera menangkap warna gas buang disimpan dalam file jpg. File jpg selanjutnya dikonvert dalam data digital RGB (Red Green Blue). Selain merubah data digital, penelitian ini merancang program yang dapat bekerja dalam komputer. Opacity meter test bench dapat untuk memvalidasi program yang dirancang. Alat yang dikembangkan diuji pada kendaraan micro bus dan pick up. Hasil uji opacity pada kendaraan micro bus memiliki opacity sebesar 19,9% dan nilai RGB (217, 224, 246). Pada saat yang sama, Uji opacity pada kendaraan pick up menghasilkan opacity 20,9% dan nilai RGB (193, 214, 215). Validasi dengan opacity meter test bench terbaca kurang dari 5%. Untuk itu, Desain opacity meter dengan image processing yang telah dibuat sudah dapat beroperasi dan dapat dikembangkan pada penelitian selanjutnya.

Keywords

Opacity meter; Risk Based Measurement; Mesin Diesel

Article Details

References

  1. Armas, O., García-contreras, R., & Ramos, Á. (2014). Pollutant emissions from New European Driving Cycle with ethanol and butanol diesel blends. Fuel Processing Technology, 122(x), 64–71. https://doi.org/10.1016/j.fuproc.2014.01.023
  2. Audish, J., Ko, B., Ma, E., & McDaniel, T. (2012). Active Diesek Soot Measurement by Laser Opacity.
  3. Blyankinshtein, I., Askhaboy, A., Voevodin, E., Kashura, A., & Malchikov, S. (2017). Concept and models for evaluation of black and white smoke components in diesel engine exhaust. Transport Problems, 12(3). https://doi.org/10.20858/tp.2017.12.3.8
  4. Chen, C., Yao, A., Yao, C., Wang, B., Lu, H., Feng, J., & Feng, L. (2019). Study of the characteristics of PM and the correlation of soot and smoke opacity on the diesel methanol dual fuel engine. Applied Thermal Engineering.pdf. Applied Thermal Engineering, 148, 391–403. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.applthermaleng.2018.11.062
  5. Du, K., Shi, P., Rood, M. J., Wang, K., Wang, Y., & Varma, R. M. (2013). Digital Optical Method to quantify the visual opacity of fugitive plumes. Atmospheric Environment, 77, 983–989. https://doi.org/10.1016/j.atmosenv.2013.06.017
  6. Georgesen, C., & Lipner, S. R. (2018). Surgical smoke : Risk assessment and mitigation strategies. Journal of American Dermatology, 79(4), 746–755. https://doi.org/10.1016/j.jaad.2018.06.003
  7. Minagawa, T., Nagaoka, D., Yuza, H., & Nakada, T. (2018). Development of a High Sensitivity and High Response Portable Smoke tester . SAE International Journal, (September 2014). https://doi.org/10.4271/2014-01-1580.Copyright
  8. Piccolo, & Joseph. (2015). Self-testing smoke detector with integrated smoke sorce. INternational Application Published Under The Paten Cooperation Teaty (PCT).
  9. Putra, D. S., Fernandez, D., & Wagino. (2018). Optimization of Digital Image processing Method to Improve Smoke Opacity meter Accuracy. International Journal On Informatics Visualization, 2, 88–91.

Most read articles by the same author(s)