Main Article Content

Abstract

Buku Sekolah sebagai bahan ajar di sekolah memiliki peran yang vital dalam membentuk karakter siswa. Menghadapi kondisi saat ini yang memperlihatkan ajar yang perlu dikaji dari segi isi, terutama nilai karakter kebangsaan yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan muatan nilai karakter kebangsaan dalam buku teks pada mata pelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan analisis isi. Studi pustaka dilakukan untuk mendapatkan buku yang tepat melalui penelusuran buku teks secara lengkap dan akurat, sementara itu analisis isi dilakukan dengan menelaah muatan nilai karakter kebangsaan dalam buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia SD yang meliputi: (1) religius; (2) jujur; (3) toleransi; (4) disiplin; (5) kerja  keras; (6) kreatif; (7) mandiri; (8) demokratis; (9) rasa  ingin  tahu;  (10) semangat kebangsaan; (11) cinta  tanah air; (12) menghargai prestasi; (13) bersahabat/komunikatif; (14) cinta damai; (15) gemar membaca; (16) peduli lingkungan; (17) peduli sosial; dan (18) tanggung jawab. Hasil analisis isi buku ajar bahasa Indonesia SD Menunjukkan bahwa muatan nilai karakter kebangsaan dalam buku teks belum tertuang secara lengkap dan proporsional. Selain itu juga masih didominasi aspek pengetahuan dan belum menekankan aspek pemahaman, internalisasi nilai, dan penerapannya.

Keywords

nationalism character Indonesian language textbook

Article Details

References

    Arthur, J. (2014). Foundations of character: Methodological Aspects of a Study of Character Development in Three- to Six-Year-Old Children with a Focus on Sharing Behaviours. European Early Childhood Education Research Journal , 105-122, DOI: 10.1080/1350293X.2012.707413.
    Awbrey, S. M. (2004). Rekindling Meaning in Undergraduate Education. Journal of College and Character , 1-11, DOI: 10.2202/1940-1639.1346.
    Berkowitz, M. W. (2003). The Relationship of Character Education Implementation and Academic Achievement in Elementary Schools. Journal of Research in Character Education , 1 (1), 19-32.
    Campbell, H. A. (2016). Assessing changes in the study of religious communities in digital religion studies. Church, Communication and Culture , 1 (1), 73-89 DOI: 10.1080/23753234.2016.1181301.
    Cooke, S. (2014). Virtue, Practical Wisdom and Character in Teaching. British Journal of Educational Studies , 91-110, DOI: 10.1080/00071005.2014.929632.
    Cush, D. (2014). Autonomy, Identity, Community and Society:Balancing the Aims and Purposes of Religious Education. British Journal of Religious Education , 36 (2), 119-122 DOI: 10.1080/01416200.2014.884819.
    James Arthur, S. P.-C. (2014). Foundations of Character: Methodological Aspects of a Study of Character Development in Three to Behaviours. European Early Childhood Education Research , 105-122. DOI: 10.1080/1350293X.2012.707413.
    Kane, J. (2014). The Encyclopedia of Political Thought. Available at http://hdl.handle.net/10072/66677.
    Kertajaya. (2010). On Brand. Bandung: Mizan Pustaka.
    Kristjánsson, K. (2014). Character and Moral Psychology. Journal of Moral Education , DOI: 10.1080/03057240.2014.923133.
    Martin, C. A. (2006). An Examination of the Effectiveness of a Collegiate Character Education Program. Journal of College and Character , 1-17 DOI: 10.2202/1940-1639.1468.
    Pawelski, J. O. (2003). The Promise of Positive Psychology for the Assessment of Character. Journal of College and Character , 1-8, DOI: 10.2202/1940-1639.1361 .
    Ross, H. (2014). Citizenship & Democracy in Further and Adult Education,. Journal of Moral Education , 534-536, DOI: 10.1080/03057240.2014.938437.
    Roth, D. (2017). Morphemic Analysis as Imagined by Developmental Reading Textbooks: A Content Analysis of a Textbook Corpus. Journal of College Reading and Learning , 26-44. DOI: 10.1080/10790195.2016.1218807.
    Suyanto. (2010). Aktualisasi Pendidikan Karakter . Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Menengah.