Pengabdian kepada Masyarakat bagi Guru SD di Kecamatan Bandongan melalui Pendampingan terhadap Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Multiple Intelligences
Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru dalam pengabdian kepada masyarakat bagi guru SD di Kecamatan Bandongan melalui pendampingan terhadap pelaksanaan penelitian tindakan kelas berbasis multiple intelligences. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan persentase melalui observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Memberikan penjelasan kepada teman satu kelompok sebanyak 5 guru sebesar 20,83 %, Menegur teman yang tidak berpartisipasi sebanyak 3 guru sebesar 12,5 %, Bertanya kepada teman satu kelompok sebanyak 7 guru sebesar 29,17 %, Menulis informasi yang di dapat sebanyak 6 guru sebesar 25 %, Menanggapi pendapat teman sebanyak 6 guru sebesar 25 %, Mengungkapkan pendapat kepeada teman satu kelompok sebanyak 9 guru sebesar 37,5 %, Mengikuti diskusi, memperhatikan sebanyak 8 guru sebesar 33,33 %, Menyimpulkan materi diskusi sebanyak 5 guru sebesar 20,83 %, Semangat, antusias sebanyak 4 guru sebesar 16,67 %, Bicara dengan teman diluar materi sebanyak 8 guru sebesar 33,33 %, Membuat gaduh sebanyak 5 guru sebesar 20,83 %, Keluar dari kelas sebanyak 4 guru sebesar 16,67 %, dan Bermain-main sendiri sebanyak 3 guru sebesar 12,5 %.