Efektifitas Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Metakognitif Berbantuan Microsoft Mouse Mischief
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan metakognitif mahasiswa yang dikenai pembelajaran Learning Cycle 7e berbantuan Microsoft Mouse Mischief lebih baik daripada kemamuan metakognitif mahasiswa yang dikenai pembelajaran tradisional berbantuan Microsoft Mouse Mischief. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV program studi pendidikan matematika UM Purworejo tahun ajaran 2016/2017. Tekhnik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan kognitif. Sedangkan uji hipotesis menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 3,6999 dan ttabel = 1,645, dengan demikian H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan metakognitif mahasiswa yang dikenai pembelajaran Learning Cycle 7e berbantuan Microsoft Mouse Mischief lebih baik daripada kemampuan metakognitif mahasiswa yang dikenai pembelajaran tradisional Berbantuan Microsoft Mouse Mischief